Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 19 July 2017

Menko Polhukam: Pilih NKRI Bubar atau Bubarkan Ormas Anti-NKRI?  


Menko Polhukam Pilih NKRI Bubar atau Bubarkan Ormas Anti-NKRI

islamindonesia.id – Menko Polhukam: Pilih NKRI Bubar atau Bubarkan Ormas Anti-NKRI?

 

Keputusan pemerintah membubarkan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) menggunakan Perppu Ormas menuai polemik. Banyak yang mendukung, ada pula yang mengecam.

Bahkan ada yang menyematkan kata diktator pada pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla.

Menyikapi protes atas keputusan tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menyatakan keputusan yang diambil Kemenkumham telah didasarkan pada banyak pertimbangan.

Dari kajian dan data yang sudah diteliti pemerintah, katanya, HTI melakukan gerakan yang bertentangan dengan ideologi negara.

“Cukup bukti dari lembaga terkait untuk memberikan suatu alasan bahwa Menkumham harus segera mencabut izin ormas tersebut,” ujar Wiranto di kompleks Istana Negara, Rabu (19/7/2017).

Persoalan terberatnya, menurut Jenderal TNI (Purn) itu, cita-cita ormas tersebut bukan untuk penguatan NKRI, tidak sepakat dengan negara dalam bentuk Republik. Tapi sebaliknya, mereka justru menginginkan model ketatanegaraan dalam bentuk khilafah.

“Berarti tidak mengakui NKRI. Ini yang menjadi alasan dari Menkumham segera cabut izinnya. Jelas sekali, pemerintah tidak ragu-ragu melakukan langkah seperti ini,” tegas mantan Panglima ABRI itu.

Saat ditanya wartawan soal adakah ormas lain yang akan menyusul dibubarkan setelah HTI, Wiranto justru bertanya balik.

“Sekarang dipilih saja lah ya, memilih membubarkan satu dua ormas yang dinilai bertentangan dengan NKRI atau membiarkan NKRI bubar?” pungkas dia.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *