Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 23 June 2018

Menhan Malaysia: Kami Tak Pernah Terlibat Memerangi Yaman


rsaf-1024x640

islamindonesia.id – Menhan Malaysia: Kami Tak Pernah Terlibat Memerangi Yaman

 

 
Malaysia sedang mengevaluasi kembali putusan pemerintah sebelumnya di bawah Barisan Nasional ihwal penempatan tentara Negeri Jiran di Arab Saudi. Pertimbangan ini muncul setelah sejumlah kalangan mempertanyakan keberadaan tentara Malaysia di negeri sedang yang memborbardir Yaman sejak dua tahun lalu itu.

Namun Menteri Pertahanan Malaysia Mohamad Sabu meluruskan, 20 Juni, bahwa penempatan pasukannya di sana untuk mengevakuasi warganya bukan terlibat perang. “Malaysia tak pernah ikut campur dalam penyerangan terhadap Yaman. Namun bagaimanapun, posisi tentara Malaysia di sana menjadi rumit dalam konflik Timur Tengah.”

Malaysia, kata Sabu, selalu menerapkan kebijakan netral dan tidak berpihak pada ideologi salah satu negera super power di dunia ini. Malaysia juga ikut aktif dalam Gerakan Non-Blok.

“Tidak lama lagi Pemerintah akan memutuskan masalah ini setelah kajian evaluasi rampung,” katanya seperti dilansir Straitstimes.com, 20 Juni, tanpa menyebut jumlah tentaranya di Saudi.

Dengan dukungan Amerika Serikat, Uni Emirat Arab dan beberapa negara lainnya, Saudi telah melancarkan serangan militer ke Yaman sejak Maret 2015. Koalisi Saudi juga memblokade Yaman dari darat, laut dan udara, sehingga menambah krisis kemanusiaan di negara yang terbilang miskin itu.

Hingga kini, agresi militer Saudi telah menghilangkan lebih daripada 14.000 nyawa warga Yaman.  Peristiwa ini membuat lembaga dan aktivis kemanusiaan di berbagai negara mengecam  keras tindakan Negara Kerajaan itu.

 

 

YS/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *