Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 28 August 2014

Mengintip Rumah Masa Depan


dezeen.com

Keinginan punya rumah nyaman huni di tengah wilayah kota yang padat mungkin sulit bagi sekalangan orang. Tapi ini tidak berlaku bagi mereka yang mau kreatif.

Keluarga Sharifi-Ha di Tehran berhasil membangun sebuah rumah tujuh lantai dengan beberapa ruangan  yang bisa berputar sesuai musim! Caranya? Semuanya cukup tekan tombol. Ruangan luar yaitu ruangan sarapan, ruang tamu dan kantor akan berputar ke arah jalan  hingga cahaya bisa masuk ke dalam dan tercipta ruangan teras tambahan.

Exterior

Ketiga kamar ini mirip kotak kayu, jika dilihat dari luar. Saat musim dingin, mereka menutup hingga rumah akan tetap hangat. Pada musim panas, akan membuka hingga pertukaran udara di rumah berjalan lancar.

Fasilitas di dalam rumah berlantai tujuh ini juga oke. Di dua lantai bawah tanah, ada gym, kolam renang dan perlatan permainan seperti meja billiard. Di sana juga ada parkiran mobil dan ruangan pembantu. Di lantai pertama dan kedua terdapat ruangan utama seperti dapur dan ruang keluarga. Di dua lantai atasnya lagi, ada ruang tidur dan kamar mandi, juga dapur dan ruang keluarga.

Modern Residence

Arsitek Iran Nextoffice yang merancang rumah unik ini. Mereka merancangnya sesuai kebutuhan penghuni rumah.

Ruangan-ruangan berputar ini membuat lantai kedua di rumah bisa disusun ulang untuk tujuan berbeda-beda, tergantung apakah ada tamu yang sedang bertandang atau tidak. Juga mengubah penampilan rumah sesuai keinginan penghuni. Begitu pula sistem pencahayaannya, bisa berubah-ubah sesuai musim.

Rancangan rumah ini terinspirasi dari rumah-rumah kuno Iran yang punya ruangan keluarga berbeda untuk musim panas dan dingin karena perbedaan suhu yang sangat tinggi. [Nisa/Mail Online]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *