Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 28 May 2014

Mengapa Laki-laki Iran Pakai Jilbab?


Al Arabiya.

Ribuan perempuan Iran menentang diberlakukannya aturan wajib memakai jilbab.

 

Awal bulan ini, lebih dari 30 ribu perempuan Iran menyatakan menentang jilbab dan ratusan perempuan telah memposting foto-foto tanpa jilbab mereka di jejaring sosial Facebook. Aksi ini sebagai upaya protes mereka terhadap aturan diwajibkannya memakai jilbab bagi perempuan. Hal ini kemudian memicu perdebatan berbagai pihak terkait kebebasan untuk memilih memakai jilbab atau tidak.

“Ini adalah Iran. Merasakan angin bertiup melalui setiap helai rambut adalah impian terbesar seorang perempuan,” tulis salah seorang pengguna Facebook, seperti dilansir situs berita Al Arabiya pada Rabu (28/05).

Seorang wanita lainnya memposting foto dirinya tengah mengemudi dan menulis : “kebebasan saya tersembunyi saat mengemudi di jalan-jalan Teheran. Saya ingin merasakan angin bertiup di wajah saya.”

Adalah My Stealthy Freedom, sebuah kampanye di situs sosial media berbasis di London, yang didirikan oleh jurnalis Iran Masih Alinejad ini yang digunakan ribuan perempuan tersebut untuk mengekspresikan penentangannya atas jilbab.

Halaman Alinejad ini berisi ratusan gambar yang menunjukkan kondisi mereka saat diambil di berbagai tempat di Iran, dari jalan-jalan, taman, hingga pantai. Polisi agama Iran sering dikerahkan di jalan-jalan, untuk menindak mereka yang tidak mengenakan jilbab atau mereka yang menggunakan jilbab, namun tidak sesuai syariat Islam.

Kepada Guardian, Alinejad mengatakan ia telah menerima banyak pesan dan foto sejak meluncurkan kampanye tersebut.

“Aku hampir tidak tidur dalam tiga hari terakhir karena jumlah foto dan pesan yang saya terima,” katanya.

Alinejad menambahkan, bahwa ia melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa foto-foto yang dikirim itu asli dan meminta izin kepada mereka sebelum mempublikasikannya.

Namun, dia tidak mengungkapkan nama lengkap mereka.

“Saya tidak punya niat apapun untuk mendorong orang untuk menentang jilbab secara paksa atau berdiri melawan itu,” katanya. “Saya hanya ingin memberikan suara untuk ribuan perempuan Iran yang berpikir bahwa mereka tidak memiliki kekuatan untuk mengungkapkan keinginan mereka.”

Sementara itu, para kaum pria menanggapi aksi protes ini dengan meluncurkan gerakan memakai jilbab, yang dikemas dalam berbagai akun grup. Para laki-laki Republik Islam konservatif ini kemudian memposting foto mereka dengan mengenakan jilbab ke situs jejaring, untuk menentang kampanye yang dilakukan Alinejad.

Akun grup Facebook itu, di antaranya Men’s Stealthy Freedoms, yang mengolok-olok para perempuan dengan memposting foto-foto pria berjilbab. Ada juga, akun grup bernama Freedom Real Women Iran, yang diciptakan sebagai tanggapan terhadap halaman Alinejad itu. Juga, dua unjuk rasa kecil pro-hijab yang diselenggarakan di Teheran, seperti dilansir Telegraph.

“Salah seorang anggota menulis bahwa jilbab merupakan kewajiban bagi perempuan—yang berarti bukan hak bagi mereka untuk memilih apakah akan memakainya atau tidak. Posting lainnya di halaman tersebut mengatakan mereka wajib melindungi kesopanan perempuan,” tulis surat kabar itu.

“Dalam suatu posting, kasus pemerkosaan telah ditulis di atas foto-foto dari tiga wartawan Iran terkemuka yang bekerja di luar negeri dan muncul secara resmi dalam siaran mereka. Hal ini menunjukkan pesan peringatan bahwa perempuan yang tidak memakai jilbab lebih mungkin untuk diperkosa,” katanya menambahkan. [LS]

Sumber: Al Arabiya/Telegraph/Guardian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *