Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 27 February 2018

Menag Rilis Aplikasi Digital Al-Quran dan Terjemah Bahasa Banjar


islamindonesia.id – Menag Rilis Aplikasi Digital Al-Quran dan Terjemah Bahasa Banjar

 

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin meluncurkan Al-Quran dan Terjemahnya dalam Bahasa Banjar versi Aplikasi Digital. Peluncuran berlangsung di Gedung Auditorium Mastur Jahri, kompleks Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari, Jalan Ahmad Yani Km 4,5 Kota Banjarmasin Provinsi Kalimantan Selatan, Senin (26/2/2018).

Menurut Menag, Al-Quran dan Terjemahnya dalam Bahasa Banjar versi cetak, telah diresmikan pada 20 Desember 2017 di Jakarta.

“Kemenag telah menerjemahkan Al-Quran ke dalam berbagai bahasa daerah. Dan Bahasa Banjar menjadi yang ke-12. Untuk tahun ini, ada 3 lagi Al-Quran dan Terjemahnya ke dalam Bahasa daerah, yakni Bahasa Bugis, Palembang, dan Bahasa Sunda. Meski demikian, Al-Quran dan Terjemahnya dalam Bahasa Banjar (Bahasa Daerah) versi aplikasi digital, merupakan pertama dan satu-satunya,” terang Menag.

Menurutnya, penerjemahan Al-Quran dalam bahasa daerah (Banjar), merupakan ikhtiar bersama agar kualitas kehidupan keagamaan masyarakat, khususnya masyarakat Muslim Banjar dan sekitarnya semakin baik. Ujung dari upaya ini adalah meningkatnya kualitas kerukunan umat beragama, kualitas ekonomi, dan peradaban masyarakat.

“Kerja sama yang baik antara Balitbang Kemenag dengan UIN Antasari akhirnya, mampu melahirkan Al-Quran dan Terjemahnya ke dalam Bahasa Banjar versi Aplikasi Digital ini. Kami mengapresiasi kerja keras ini,” ujarnya.

Sebelumnya, Rektor UIN Antasari, Mujiburrahman mengatakan, Al-Quran dan Terjemahnya dalam Bahasa Banjar versi aplikasi digital ini lahir karena antusias dan desakan masyarakat. Antusiasme masyarakat Muslim banjar yang 99,50 % beragama Islam, mendorong UIN Antasari untuk melakukan diskusi, bagaimana agar Al-Quran dan Terjemahnya ini bisa diakses publik secara mudah dan gratis.

“Maka muncul ide Al-Quran dan Terjemahnya ke dalam Bahasa Banjar versi digital. Alhamdulillah, Pak Menteri mendukung dan Balitbang membantu,” terang Rektor.

Selain dihadiri keluarga besar civitas akademika UIN Antasari Banjarmasin, peluncuran ini juga dihadiri Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Rudy Resnawan, Staf Khusus Menag Gugus Joko Waskito, Direktur Diktis Arskal Salim, Kapus Lektur Keagamaan M Zain, Kakanwil Kemenag Kalsel Noor Fahmi dan para Kakankemenag kabupaten/kota se Kalsel.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *