Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 25 February 2014

Menag: Apapun Negaranya, Tuhan Kita Satu


Kemenag.go.id

Menag Serukan Tiga Semangat Persaudaraan.

 

Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan kepada seluruh peserta Gerak Jalan Kerukunan di  Lapangan Sanaman Mantikei, Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Sabtu lalu, bahwa kita semua, apapun negaranya, adalah makhluk ciptaan Tuhan. Tuhan kita satu, artinya kita semua adalah saudara, karena sesama ciptaan Tuhan. 

“Saudara kita bukan hanya orang Kalimantan, ataupan orang Jawa, Sulawesi, dan lain sebagainya. Tapi umat seluruh dunia adalah saudara kita, tanpa harus melihat negara mana dia berasal,” kata Menag di hadapan lebih dari 20 ribu peserta dari berbagai daerah di Kalteng, seperti dikutip dari kemenag.go.id (25/02).

Pernyataan tersebut terkait dengan seruan Menag tentang pentingnya bangsa Indonesia menjaga dan memupuk tiga semangat persaudaraan. Di antaranya, pertama, semangat persaudaraan seagama, seperti umat Kristen dengan Kristen,  Hindu dengan Hindu, dan lainnya. Sebab jika antar umat lainnya bisa terjalin kerukunan, maka bangsa akan menjadi kuat dan tidak mudah dipecah belah. 

Kedua, semangat persaudaraan sebangsa. “Mari, lupakan egoisme agama, egoisme suku, daerah, bahasa, budaya, etnik dan lain sebagainya. Hanya ada satu kata, Indonesia,” tegas Menag.

Dan terakhir, semangat persaudaraan sesama manusia. Dikatakan Menag, kita harus sadar bahwa kita semua adalah saudara, karena ciptaan Tuhan.

Menurutnya, kerukunan merupakan sumbangan terbesar para tokoh agama untuk bangsa ini. Karenanya, menjadi kewajiban kita untuk terus merawat dan menjaganya.

Menag menambahkan, adalah tugas dan kewajiban para tokoh dan umat beragama untuk mengimplementasikan tiga semangat persaudaraan ini agar ke depan, cita-cita bangsa kita sebagai bagian dari dunia, bisa terealisir.

“Betapa indahnya hari ini. Kita bisa berkumpul, berjalan bareng, bercengkrama, bercanda dan bersendau gurau. Momentum seperti ini harus kita jaga, agar ke depan, kita mampu rukun dan bersatu lahir batin,” tambah Menag.

Gerak Jalan Kerukunan ini juga diikuti oleh Dirjen Pendis, Dirjen Bimas Hindu, Dirjen Bimas Budha, Dirjen Bimas Khatolik, Dirjen Bimas Kristen, Sesditjen Bimas Islam, Kapinmas,  Kakanwil Kemenag Kalteng, TNI/Polri, Wakil Gubernur Kalteng Achmad Diran, dan lain sebagainya.

 

Sumber: Kemenag.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *