Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 25 April 2021

Menag Ajak Seluruh Umat Beragama untuk Mendoakan Awak KRI Nanggala


islamindonesia.id – Menag Ajak Seluruh Umat Beragama untuk Mendoakan Awak KRI Nanggala

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengajak umat untuk menggelar Salat Gaib untuk 53 awak kapal KRI Nanggala-402 yang telah dinyatakan gugur oleh Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Marsekal Hadi Tjahjanto.

“Mari kita lakukan Salat Gaib untuk mendoakan para pejuang bangsa. Semoga mereka mendapat ampunan dan rahmat dari Allah SWT,” ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu (25/4), sebagaimana dilansir dari Antara.

Di samping itu, Yaqut menyampaikan duka mendalam atas gugurnya para pahlawan bangsa saat bertugas.

Dia mengimbau umat beragama untuk mendoakan seluruh awak kapal Nanggala-402. Pun demikian dengan keluarga yang ditinggalkan agar diberikan kekuatan dan ketabahan atas ujian yang menimpa mereka.

“Saya mengajak dan mengimbau seluruh umat beragama untuk meluangkan waktu, mendoakan yang terbaik untuk awak KRI Nanggal-402,” kata dia.

Kapal selam ini membawa 53 orang yang terdiri atas 49 ABK, seorang komandan satuan, dan tiga personel senjata. Kapal hilang kontak saat komandan pelatihan hendak memberikan otoritas penembakan terpedo.

Dalam jumpa pers di Bali, Sabtu (24/4), Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan status KRI Nanggala-402 telah menjadi “subsunk” (tenggelam) setelah tim pencari melakukan pencarian selama 72 jam.

Sabtu (24/4) adalah pencarian hari ketiga sejak KRI Nanggala-402 dinyatakan hilang kontak pada Rabu (21/4) dini hari di perairan sisi utara Pulau Bali. Sabtu pagi juga merupakan batas akhir life support (pendukung untuk hidup) berupa ketersediaan oksigen bagi kru KRI Nanggala, yakni 72 jam, jika listrik dalam kapal mati total (black out).

PH/IslamIndonesia/Foto utama: Antara Foto/M Risyal Hidayat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *