Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 09 August 2016

Media Rusia: Lebih dari 2000 Militan Tewas di Aleppo selama 2 Pekan Terakhir


Aleppo

Islamindonesia.id–Media Rusia: Lebih dari 2000 Militan Tewas di Aleppo selama 2 Pekan Terakhir

 

Serangan militer Suriah dan pesawat tempur Rusia dalam dua pekan terakhir telah menewaskan 2,000 militan dari ISIS dan Jabhat al-Nusra—yang kini berubah nama menjadi Jabhat Fath Al-Syam—dan berbagai sekutu mereka dalam operasi bersama di Aleppo utara, kata media Rusia.

Angka kematian yang demikian besar itu karena gagalnya serangan pihak militan untuk merebut posisi tentara Suriah yang didukung oleh pesawat tempur Rusia, menurut kantor berita IRNA.

Menurut laporan yang sama, sejumlah besar militan juga terluka dalam operasi yang telah menghancurkan banyak kendaraan militer dan gudang senjata tersebut.

Laporan yang sama menyebutkan bahwa pasukan Suriah telah berhasil membebaskan wilayah yang luas di bagian utara Aleppo dari cengkraman militan dalam operasi yang sedang berlangsung.

Sebagaimana diketahui, sejak 2012 Aleppo dibagi dalam dua area utama: area yang dikontrol oleh pasukan pemerinah di bagian barat dan area yang dikuasai oleh militan di timur.

Konflik sipil yang berlangsung sejak Maret 2011 itu, menurut Utusan Khusus PBB untuk Suriah, Staffan de Mistura, telah menelan korban lebih dari 400,000 nyawa.

Namun, sejak 2014, PBB memutuskan untuk tidak lagi memperbaruhi jumlah korban tewas perang Suriah lantaran ia tidak dapat memverifikasi angka kematian yang sebenarnya.

Damaskus menuding Arab Saudi, Turki dan Qatar sebagai pendukung utama kelompok militan yang mengharu biru Suriah.

 

AJ/IslamIndonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *