Satu Islam Untuk Semua

Monday, 06 January 2014

Masyarakat Mataram Rayakan Tradisi “Rebo Bontong”


Sebagian warga Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, merayakan tradisi “Rebo Bontong” atau Rabu terakhir di bulan Syafar pada kalender Islam dengan mandi bersama di aliran Kali Jangkuk.

Tradisi “Rebo Bontong” yang biasa dilakukan masyarakat Kota Mataram ketika mendekati perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW, kali ini bertepatan dengan tahun baru 2014 Masehi, demikian Antara melaporkan dari Mataram.

Sehubungan dengan banyak warga yang merayakan tahun baru, telah membuat pelaksanaan ritual dengan mandi bersama di Kali Jangkuk, Dasan Agung, menjadi cukup sepi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, terlebih hujan terus-menerus mengguyur Kota Mataram sejak Selasa malam.

Namun demikian, hujan bagi sejumlah warga tampaknya tidak menjadi kendala untuk tetap melaksanakan ritual “Rebo Bontong” guna menyucikan diri menyambut datangnya bulan Maulid.

Biasanya setiap “Rebo Bontong” masyarakat berkumpul kemudian mandi bersama-sama di aliran Kali Jangkuk. Bersamaan dengan itu, para pedagang dadakan yang berjualan aneka kue dan makanan tradisional, ambil bagin dalam meramaikan suasana.

Hadirnya para pedagang masakan tradisional seperti urap, pelecing, lontong, sate bulayak dan makanan-makanan ‘buhun’ lainnya, menambah semarak nuansa adat dan kedaerahan.

Kegiatan “Rebu Bontong” ini merupakan ritual mandi Syafar, mulai dari siang hingga sore hari. Ritual ini telah dilakukan warga secara turun temurun di Kota Mataram, khususnya di Kelurahan Dasan Agung.

Salah seorang tokoh masyarakat dan tokoh agama di Dasan Agung H Hudri Achmad mengatakan, ritual mandi bersama pada perayaan “Rebo Bontong” diniatkan untuk menyucikan jiwa raga serta segala dosa dan salah dalam menyambut perayaan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW.

“Karenanya, tradisi ini harus terus dilestarikan,” katanya.

Selain di Kota Mataram, tradisi “Rebo Bontong” juga dilaksanakan pada beberapa desa di Pulau Lombok, di antaranya di Desa Kuranji, Kabupaten Lombok Barat dan di Kecamatan Priggabaya, Kabupaten Lombok Timur. Namun, perayaan “Rebo Bontong “di Kelurahan Dasan Agung, Kota Mataram, tampak selalu lebih semarak.

Bahkan dalam perayaan “Rebo Bontong” tahun lalu, Wakil Wali Kota Mataram H Mohan Roliskana sempat hadir dan mengikuti beberapa ritual mandi Syafar, yang juga dimeriahkan dengan berbagai lomba di Kali Jangkuk, termasuk digelar panggung hiburan.

 

Sumber: Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *