Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 25 July 2023

Masya Allah… Jasad Mbah Moen Ternyata Masih Utuh Usai 4 Tahun Dikebumikan


islamindonesia.id – Di kalangan para ulama dan kaum Muslimin di Tanah Air, KH Maimoen Zubair atau Mbah Moen dikenal sebagai sosok yang sangat alim. Namun yang membuat banyak kalangan bertambah kagum adalah fakta bahwa meski berilmu tinggi, sosok Mbah Moen itu diketahui sangat tawadhu’ atau rendah hati.

Tak heran bila di banyak tempat dan kesempatan, beliau bisa bercengkerama dengan masyarakat biasa dan awam, namun pada saat lain juga biasa berinteraksi dengan petinggi negeri.

Di samping itu, Mbah Moen juga dikenal sangat memuliakan tamu.

Bahwa Mbah Maimoen memiliki berbagai karomah, sepertinya bukan rahasia lagi. Bahkan, hingga wafatnya di Tanah Suci, banyak sekali kisah keistimewaan beliau.

Terkini, ada kabar luar biasa: jenazah Mbah Moen ternyata masih utuh meski telah dikebumikan sejak 4 tahun silam.

Kabar ini disampaikan oleh Gus Rifqil Muslim, pendakwah yang juga pengasuh pengasuh Pondok Pesantren Mambaul Hikma, Kaliwungu, Kendal, melalui twit di akunnya, @rifqilmoeslim.

Setiap 4 tahun sekali, kuburan akan dibongkar dan jenazah akan dipindahkan. Alhamdulillah Beberapa hari yang lalu makam KH. Maimoen Zubair dibongkar, jenazah beliau masih utuh & tetap dimakamkan di Ma’la,” cuitnya.

Gus Rifqil mengaku mengonfirmasi kabar itu langsung ke salah satu petugas di Ma’la, Muhammad Ali. Muhammad Ali membenarkan bahwa jenazah KH Maimoen Zubair tetap utuh, meski sudah empat tahun dimakamkan.

Akhirnya, jenazah Mbah Moen tidak dipindahkan ke makam lain, dan kembali dimakamkan di Ma’la.

“Berbeda halnya dengan di Indonesia yang tak pernah membongkarnya kecuali ada sesuatu hal yang menganjal di hati keluarga ditinggalkan. Selain itu, Kuburan di Makkah memiliki perbedaan yang sangat signifikan dengan kuburan yang ada di Indonesia,” ujar dia.

EH/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *