Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 22 June 2017

Masjid Ramah Lingkungan dan Ramah Anak Ada di Bekasi  


Masjid Ramah Lingkungan dan Ramah Anak Ada di Bekasi

islamindonesia.id – Masjid Ramah Lingkungan dan Ramah Anak Ada di Bekasi

 

Kalau di lingkungan Anda ada pengurus masjid yang sering memarahi anak kecil agar tak gaduh di saat shalat, tampaknya pengurus masjid Anda harus belajar pada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al-Muhajirin, perumahan Prima Harapan, Kota Bekasi.

Masjid Ramah Lingkungan dan Ramah Anak, begitu DKM menyebut masjid yang berdiri di lahan seluas 743 meter itu. Disebut ramah lingkungan, sebab masjid ini memberi prioritas pada Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang luas. RTH itu dibuat bukan hanya di halaman masjid yang membuat suasana menjadi asri, tapi meluas hingga ke lantai atas masjid.

Berkat keberadaan RTH itu, masjid dengan nuansa minimalis tersebut terasa sejuk dan nyaman lantaran didukung oleh suplai oksigen yang memadai. Bahkan, jika Anda menginjakkan kaki di halaman masjid, sensasi dingin ibarat di ruang ber-AC sangat terasa.

Selain ruang terbuka hijau, pengurus Masjid Al-Muhajirin juga membangun sebuah kolam dengan ikan hias berwarna-warni di sisi kanan masjid. Kolam tersebut didesain sedemikian rupa dengan hiasan air mancur yang menambah kesejukan di sekitar rumah ibadah tersebut. Batu-batu alam dengan sentuhan minimalis berwarna gelap menambah syahdu suasana masjid. “Lebih adem,” kata seorang jemaah.

kolam ikan masjid al muhajirin

Jangan salah, air kolam ini merupakan buangan air wudhu jamaah masjid. Buangan air wudhu ditampung di kolam resapan sehingga dapat didaur ulang.

“Untuk konsep ini, kami menyebutnya ‘Masjid Ramah Lingkungan’,” ujar Haji  Hidayat Widyatmoko, Ketua DKM Al-Muhajirin.

Udara panas saat melaksanakan ibadah shalat memang seringkali mengganggu kekhusyukan ibadah, terlebih di kawasan perumahan padat penduduk dengan aktivitas yang cukup tinggi. Kebutuhan akan rumah ibadah yang sejuk, asri, dan nyaman menjadi keinginan yang tak bisa dielakkan oleh penduduk sekitar.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *