Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 25 February 2014

Masjid BI: Oase Iman di Tengah Dahaga


Lahir sebagai oase di tengah kekeringan spiritual. Begitulah kiranya kehadiran sebuah masjid yang didirikan pada komplek Bank Indonesia. Masjid Baitul Ihsan ingin menjadi penjaga agama dan juga ritme religius bagi para banker yang bekerja dengan penuh risiko. 

Selesai dibangun tahun 2001, masjid ini diberi nama baitul Ihsan. Pemilihan nama ini mengandung arti “tempat orang yang percaya bahwa setiap gerak, langkah dan pikiran dalam kehidupan selalu diawasi oleh Allah Swt”. 

Masjid BI pun masuk dalam 100 masjid terindah di Indonesia. Dengan tampilan secara umum berupa kubah dan menara sebagai landmark serta aksen yang kokoh. Posisinya yang menyatu dengan gedung bank Indonesia menambahkan kesan kedigdayaan . 

Secara umum, bangunan Baitul Ihsan dirancang sederhana saja, terdiri dari segi empat sempurna dan setengah lingkaran kearah vertical tepat pada bagian kubah. Jamaah bisa memasuki masjid ini dari berbagai arah, kecuali kiblat. Keterbukaan akses ini menjadi cermin keterbukaan rumah Allah bagi siapapun 

Ornamen eksterior didominasi warna abu-abu dengan material marmer memberi nunasa eksklusif. Pada detailnya terdapat aksen garis-garis vertical sebagai pemaknaan hubungan antara manusia dan Sang Pencipta, serta garis horizontal sebagai lambang hubungan antara sesama manusia.  

Pintu masuk dari masjid in pun sangat istimewa. Daun pintu terbuat dari perunggu berhias ukiran dengan motif tumbuhan. Bagian kanan atas daun pintu terdapat tulisan “Allah” dan “Muhammad” di sebelah kiri. Sekeliling pintu masjid terdapat dinding keramik dengan bagian atas berbentuk busur untuk mencerminkan gerbang masuk yang transparan. 

Apabila kita melihatnya dari sisi luar, akan terlihat sisi dominan dari masjid ini, yaitu kubah. Permukaan kubah dilapisi keramik dnegan ragam hias geomteri berwarna biru dan krem. Keduanya menjadi unsur aksentual yang kental sebagai dominasi visual. 

Masjid BI ini pun hadir ingin memberikan kesegaran rohani untuk kaum muslimin di sekitar komplek perkantoran Bank Indonesia.  

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *