Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 04 July 2020

Marvel untuk Pertama Kalinya Ciptakan Karakter Gadis Muslim


islamindonesia.id – Marvel untuk Pertama Kalinya Ciptakan Karakter Gadis Muslim

Tokoh-tokoh super hero Avengers dari Marvel berkumpul kembali untuk suatu misi, namun kali ini bukan di layar lebar, tetapi di video game blockbuster.

Di dalamnya banyak superhero yang secara umum sudah begitu populer, seperti Iron Man, Hulk dan Captain America. Tetapi kini mereka bergabung dengan karakter tambahan baru: Kamala Khan.

Kamala Khan digambarkan sebagai remaja Muslim-Amerika keturunan Pakistan, yang memiliki kemampuan untuk mengubah bentuk. Dia adalah karakter terbaru yang diadopsi dari karakter sebelumnya: Ms Marvel.

Ketika Square Enix, produsen pembuat game, mengumumkan bahwa Marvel Avengers akan memasukkan Kamala Khan sebagai salah satu karakter utama yang dapat dimainkan dan menjadikannya pusat plot, mereka mendapat pujian dari penggemar dan orang-orang di dalam industri ini.

“Saya pertama kali mendengar tentang Ms Marvel dari komik beberapa tahun yang lalu,” kata Maria Afsar, seorang gamer berusia 25 tahun, sebagaimana dilansir dari BBC News (2/7).

“Saya langsung berpikir bahwa itu sangat keren, ketika membaca latar belakangnya seperti saya: orang Pakistan, Muslim, dan seorang gadis.

“Ketika saya melihat pengumuman bahwa dia akan berada dalam game dan menjadi salah satu karakter utama, saya berpikir bahwa saya benar-benar telah menunggu sesuatu yang seperti ini sepanjang hidupku. Saya tidak melihat yang seperti ini ketika saya masih lebih muda.”

Karekter Kamala Khan diciptakan oleh seorang editor dan direktur Marvel, Sana Amanat, pada tahun 2014.

Sana Amanat, yang juga seorang Muslim-Amerika, ingin menciptakan sebuah karakter yang dapat diidentifikasi dan dilihat oleh para gadis muda dengan latar belakang yang sama.

“Saya pikir ini benar-benar luar biasa bahwa Kamala berada di salah satu game Marvel terbesar yang pernah kami buat,” katanya saat mempromosikan game ini.

“Fakta bahwa dia adalah karakter titik masuk dalam game ini sangat masuk akal. Orang-orang dari semua latar belakang dapat mengaitkan (diri mereka) dengannya.”

Karakter Kamala Khan pertama kali diperkenalkan dalam komik Marvel pada tahun 2014, dia digambarkan sebagai seorang warga Amerika keturunan Pakistan berusia 16 tahun yang tumbuh di Jersey City. Dia memiliki kemampuan mengubah bentuk dan kebetulan menjadi gadis yang menggemari Avengers.

Membuka jalan ceritanya sendiri, akhirnya Kamala Khan menjadi karakter Muslim pertama Marvel yang memiliki seri komik tersendiri.

Meski demikian, beberapa desain karakter Muslim bisa memunculkan stereotip dan tidak terlalu mencerminkan rata-rata remaja Muslim di Amerika, menurut Sitara Shefta, kepala studio No Brakes Games.

Namun Sitara percaya bahwa Ms Marvel dapat sangat mewakili bagaimana sebenarnya para remaja Muslim itu. Dia juga mengatakan bahwa karakter Kamala Khan mengingatkannya pada keponakannya sendiri.

Dia mengatakan tentang pentingnya keberadaan Kamala Khan dalam game adalah langkah besar untuk representasi latar belakang yang lebih baik dalam game.

“Ini sangat penting, mengapa orang Pakistan dan Muslim tidak boleh memiliki karakter dan cerita yang menginspirasi mereka?” dia bertanya.

“Mereka biasanya digambarkan sebagai teroris atau penjahat yang kita lawan dalam game. Sekarang kita memiliki karakter Muslim Pakistan yang berdaya, dan menjadi panutan bagi anak-anak dari komunitas ini untuk terinspirasi olehnya.”

Video game ini akan menampilkan alur cerita seperti di dalam komik yang telah diterbitkan, tetapi tidak sama dengan tayangan di layar lebar.

PH/IslamIndonesia/Sumber: BBC News/Foto utama: Comic Vine

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *