Satu Islam Untuk Semua

Friday, 20 November 2015

Maritza, Siswi Madrasah Peraih Medali di Olimpiade Matematika Internasional


1211-MIN-1

Siswi Madrash Ibtidaiyah dari Malang, Maritza Gantari, berhasil mengharumkan nama bangsanya di International Mathematic and Science Olympiad (IMSO) untuk tingkat sekolah dasar di Thailand, 1 – 7 November 2015. Di ajang kompetisi matematika bergensi itu, Maritza menjadi salah satu dari perwakilan Indonesia yang berhasil membawa medali perunggu pulang ke tanah air.

“Ini baru pertama kali bagi saya, rasanya senang dapat medali,” katanya seperti dikutip Malang Post

Dimulai dari tingkat kecamatan, putri dari pasangan Makhrus dan Sulastri ini berjuang keras melewati seleksi ketat hingga ke tingkat nasional. Sukses di tingkat nasional, Maritza menerima pembekalan olimpiade dan evaluasi dari sekolahnya, Madrasah Ibtidaiayah Negeri (MIN) 1 Malang dan Kemendikbud di Jakarta. Hasilnya, Maritza masuk dalam 12 peserta terbaik mewakili Indonesia.

“Hampir setiap hari, sebelum mengikuti olimpiade, saya belajar matametika 1 jam hingga  1,5 jam. Itu saya lakukan setelah mengikuti bimbingan di Madrasah,” ungkap Maritza

Bersaing dengan 267 siswa-siswi pilihan dari 20 negara, siswi kelas 6 MIN 1 Malang ini dihadapkan 25 soal isian, 13 soal uraian dan 6 soal eksplorasi dengan beragam eksperimen. Meski mengaku kesulitan pada soal isian, Maritza tetap percaya diri dengan kemampuannya.

“Saya yakin karena saya dibimbing oleh  guru-guru yang hebat,” ujarnya

Guru-gurunya pun bangga dengan prestasi Maritza yang dengan ketekunannya bisa menjadi contoh bagi pelajar lainnya. Bahkan kepala sekolahnya, Abdul Mughni, menganggap Maritza sebagai “pahlawan kecil” dari MIN 1 Malang karena berhasil mengharumkan nama bangsa Indonesia.

 

Edy/ Islam Indonesia/ Foto: Malang Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *