Satu Islam Untuk Semua

Monday, 13 January 2014

Mantan PM Israel, Ariel Sharon, Meninggal Dunia


foto: AP

Mantan perdana menteri Israel Ariel Sharon, dikabarkan meninggal dunia Sabtu (11/1) waktu setempat. Sharon yang menjabat selama 2001-2006 meninggal di usia 85 tahun.

Kondisi kesehatan mantan perdana menteri Israel Ariel Sharon, terus memburuk setelah mengalami koma selama delapan tahun,sejak  2006. Hal itu terungkap dari pernyataan Rumah Sakit Sheba dekat Tel Aviv. Pria yang disebut pahlawan di mata warga Israel tersebut  menderita kerusakan organ tubuh termasuk kerusakan ginjal.

”Dia (Ariel Sharon) telah pergi,” kata Gilad Sharon, Putra Sharon, seperti dilaporkan Associated Press.

Sepanjang karier politik dan militernya, Ariel Sharon yang terlahir dengan nama Ariel Scheinerman itu dikenal penuh kontroversi.

Ariel Sharon yang memiliki julukan ‘Arik’ itu meninggal dalam usia 85 tahun setelah mengalami penyakit komplikasi dan stroke yang telah dideritanya selama delapan tahun terakhir.

Salah satunya adalah seorang pimpinan Hamas di Jalur Gaza, Khalil al-Hayya yang menyebut Ariel Sharoh harus bertanggungjawab dalam kematian warga Palestina. Setelah sekitar delapan tahun sejak ia tak lagi menjabat sebagai Perdana Menteri Israel, Ariel Sharon akan tetap diingat sebagai seorang kriminal dan tiran yang tangannya berlumuran darah bangsa Palestina.

“Kita akan mengingat Ariel Sharon sebagai orang yang membunuh, menghancurkan dan menyebabkan penderitaan bagi beberapa generasi Palestina,” kata al-Hayya seperti dilansir Aljazeera, Sabtu (11/1).

Senada dikatakan seorang pejabat senior Palestina dari Partai Fatah, Jibril Rajub. Ia menyalahkan Ariel Sharon dan harus bertanggungjawab atas kematian mantan pemimpin Palestina, Yasser Arafat. Ia berharap Ariel Sharon harus menjalani pengadilan internasional.

“Sharon adalah penjahat yang bertanggung jawab atas pembunuhan Arafat dan kami akan berharap untuk melihat dia muncul di Pengadilan Kriminal Internasional sebagai penjahat perang,” ujar Jibril.

Namun begitu, Presiden Palestina Mahmoud Abbas atau otoritas Palestinas belum juga berkomentar soal kematian Ariel Sharon ini. Ariel Sharon menjadi Perdana Menteri Israel pada 2001-2006 hingga kemudian ia koma dan dinyatakan meninggal dunia pada Sabtu (11/1) waktu setempat.

Sumber :AP/bbs

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *