Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 31 January 2018

Malam Ini Warga Jakarta Nonton dan Shalat Gerhana Bareng di Monas


Malam Ini Warga Jakarta Nonton dan Shalat Gerhana Bareng di Monas

islamindonesia.id – Malam Ini Warga Jakarta Nonton dan Shalat Gerhana Bareng di Monas

 

Unit Pengelola Monumen Nasional (Monas) menggelar nonton bareng fenomena alam super blue blood moon. Sebanyak empat teropong di atas puncak tugu Monas dan satu teropong tambahan di sekitar cawan.

“Kami sudah punya empat teropong yang eksisting di puncak. Namun kualitasnya kurang begitu bagus. Tapi kalau yang di daerah cawan akan disediakan satu teropong lagi,” ungkap Kepala Kantor Pengelola Kawasan Monas, Munjirin di kawasan Monas, Rabu (31/1/2018).

Teropong yang merupakan pinjaman dari Planetarium Jakarta itu, lanjut Munjirin, akan menampilkan visualisasi gerhana bulan total melalui proyektor yang dipantulkan ke dinding Monas agar semua masyarakat bisa menonton.

Meski begitu, pihaknya akan membatasi jumlah pengguna teropong di atas puncak Monas. Durasi menggunakannya pun akan diberikan batas waktu.

“Lift kami maksimal bisa mengangkut sebanyak 2.500 orang per hari. Dibagi menjadi dua sesi, sesi pertama dari pagi sampai sore sebanyak 2.000 orang. Sedangkan yang malam bersisa 500 orang saja. Jadi hanya 500 orang uang kami perbolehkan untuk menaiki Monas besok malam,” ujarnya.

Untuk bisa memasuki lokasi cawan, masyarakat diharuskan membayar Rp5.000. Sedangkan bagi yang ingin menaiki puncak Monas, terdapat tambahan biaya sebesar Rp15.000.

Selain itu, lanjut Munjirin, pihaknya juga akan menyelenggarakan salat gerhana yang berlokasi di lapangan futsal. Daya tampungnya sendiri bisa mencapai ribuan orang. “Jadi mohon maaf bagi yang ingin menggunakan lapangan,  kami tiadakan dulu karena lapangannya dipakai untuk shalat gerhana,” tutupnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *