Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 18 June 2017

‘Make Friends’ Tekankan Perlunya Persahabatan Antaragama  


Make Friends Tekankan Perlunya Persahabatan Antaragama

islamindonesia.id – ‘Make Friends’ Tekankan Perlunya Persahabatan Antaragama

 

Ada 22 pemimpin agama yang menginisiasi sebuah gerakan tergolong langka, bernama “Make Friends”. Gerakan ini menghasilkan pernyataan sikap bersama para pemimpin agama terkenal di dunia, seperti Islam, Kristen, Yahudi, Sikh, Hindu dan Buddha yang kompak menyerukan agar mereka dan para umatnya masing-masing saling berteman.

Gerakan langka ini ditujukan untuk menghapus stigma bahwa agama kerap dipandang sebagai kekuatan yang menabur perpecahan antar-manusia. Selain itu, aksi ini juga untuk membuktikan bahwa melalui visi yang berbeda tentang iman masing-masing, baik pemuka agama maupun umatnya tetap bisa bekerjasama di dunia.

”Saran kami adalah untuk berteman dengan pengikut semua agama,” kata Ayatollah Sayyid Fadhel Al-Milani, salah satu ulama Muslim paling senior di Inggris, dalam sebuah rekaman video.

”Kontak pribadi, persahabatan pribadi, maka kita bisa menukar pengalaman yang lebih dalam,” sambung pernyataan Dalai Lama.

Paus Fransiskus memilih untuk berbicara tentang persahabatannya yang panjang dengan Rabi Yahudi Argentina Abraham Skorka, yang juga muncul dalam video tersebut.

”Kehidupan religius saya semakin kaya dengan penjelasannya, jauh lebih kaya,” kata Paus Fransiskus menceritakan tentang Skorka. ”Dan saya rasa hal yang sama terjadi padanya.”

Dalam siaran persnya, panitia mengatakan bahwa misi proyek tersebut adalah untuk melawan gagasan bahwa orang-orang memandang agama masing-masing dengan penghinaan. Proyek itu berpotensi untuk mengurangi kekerasan yang dilakukan atas nama agama. Sebaliknya gerakan ini justru ingin memperkenalkan perspektif teologis baru, yang menegaskan perlunya persahabatan antaragama.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *