Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 22 April 2018

Mahfud MD Lantunkan dan Jelaskan Pesan Mars Muhammadiyah dan NU


A61CA9C6-BE3C-4DB9-A5EE-FF1E93ECD69C

Islamindonesia.id – Mahfud MD Lantunkan dan Jelaskan Pesan Mars Muhammadiyah dan NU

 

Tanpa membaca teks, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD melantunkan mars dua organisasi besar Islam Indonesia, Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama. Ia melantunkan di depan kamera seakan bait-bait mars itu telah melekat di benak Mahfud sedari dulu. 

“Muhammadiyah membangunkan umat untuk melawan penjajah yang kemudian perjuangan itu diabadikan dalam mars Sang Surya,” kata Mahfud sebelum melantunkan mars Muhammadiyah seperti ditayangkan akun pribadinya di Youtube. Kebangikatan umat dalam melawan penjajah dilambangkan dengan simbor ‘surya telah terbit.’

Seiring dengan itu, NU juga berjuang membela Tanah Air yang diabadikan dalam mars Subanul Wathan yang mengandung nilai-nilai patriotis. “Ya lal wathan, ya lal wathan, ya lal wathan,”  demikian sahabat KH. Abdurahman ‘Gus Dur’ Wahid ini mulai melantunkan mars NU diiringi gerak tangan.

“Wahai putra-putri bangsa, cinta Tanah Air itu sebagian dari iman,” katanya menjelaskan pesan di balik lirik Subanul Wathan. Pesannya mendorong perjuangan untuk melawan penjajah. 

Demikianlah semangat juang para pendiri dan kader Muhammadiyah dan NU yang terukir pada setiap bait mars. Jika Sang Surya kental dengan nilai nasionalis, kata Mahfud, mars NU kental dengan nilai patriotis.

Karena itu, kata Guru besar Universitas Islam Indonesia ini, bangsa ini berdiri tak lepas dari peran kedua orgnasisasi itu. “Keduanya merupakan organisasi toleran dan tidak diskriminatif,” katanya. “NU dan Muhammadiyah merupakan simbol Islam moderat di Indonsia.”

 

 

YS/Islamindonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *