Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 28 February 2015

Mahasiswa Surabaya Rancang Teknologi Hemat Listrik Gedung Bertingkat


Semakin tinggi, semakin rakus listrik. Itulah fakta sederhana gedung bertingkat. Tapi bisakah ‘kutulan’ konsumsi listrik daya besar di gedung bertingkat itu dikurangi dengan memanfaatkan ketinggian gedung itu sendiri?

Seorang mahasiswa dari Universitas Petra Surabaya belum lama ini menciptakan sistem daur ulang energi gedung bertingkat yang diklaim bisa menghemat listrik hingga 5.000 watt.

“Pendeknya, salah satu lantai dari 10 lantai gedung bisa gratis listrik,”  kata William Alex Ginardy Lie, seperti dilansir Antaranews.com, Kamis.

Menurut William, gedung bertingkat punya potensi mendulangin air dan angin dalam jumlah besar. Bila dimanfaatkan dengan pas, katanya, keduanya bisa jadi sumber energi listik.

“Jadi, angin akan memutar kincir, lalu menghasilkan energi yang masuk ke tandon bawah melalui pompa, sehingga menghasilkan energi yang menaikkan air ke tandon atas, lalu air akan meluncur ke bawah dengan menerpa turbin hingga berputar menghasilkan energi dan energi itu dikonversi menjadi listrik melalui gearbox,” katanya.

Dengan ongkos Rp2 juta – Rp3 juta, William bilang rancangan pembangkit listrik gedung bertingkat itu bisa menghasilkan 5 kilowatt energi untuk seharian penuh.

 

MA/Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *