Satu Islam Untuk Semua

Monday, 24 March 2014

LSF Larang ‘Noah’ Tayang di Indonesia


www.enciety.co

Lembaga Sensor Film (LSF) mengeluarkan keputusan untuk melarang film yang diadaptasi dari injil, ‘Noah’ tayang di Indonesia.

“Sesuai dengan Undang-undang, kita tidak ingin ada film yang menimbulkan reaksi dan kontroversi di masyarakat,” ujar salah satu anggota LSF, Zainut Tauhid Sa’adi dalam rilis kepada wartawan, Senin (24/3/2014).

“Intinya memang film ini mengandung unsur SARA. Sudah pasti ditolak, sudah sepakat bulat,” lanjutnya.

Ia juga mengatakan bahwa siapa pun yang berusaha memutar film ini akan dikenakan sanksi sesuai UU, “Jadi segala bentuk tayang harus ada izin tayang. Bila melanggar akan dikenakan pelanggaran UU,” jelas dia seperti dikutip dari Detik.com.

Sebelumnya, film yang mengisahkan tentang Nabi Nuh yang berusaha menyelamatkan keluarga dan hewan-hewan dari banjir bah ini ditolak oleh tiga negara di jazirah Arab, yakni Qatar, Bahrain, dan Uni Emirat Arab.

Sosok Nabi Nuh yang diperankan oleh Russell Crowe itu dinilai para pemuka agama di tiga negara tersebut tidak sesuai dengan Islam.

Namun, Zainut menjelaskan pelarangan film ini bukan karena mengikuti jejak negara Arab yang sudah lebih dulu melarang. Namun, karena LSF memang memiliki otoritas untuk mengambil inisiatif itu.

“Kita punya otoritas sendiri. Kita sesuaikan dengan nilai yang berkembang dan melekat di masyarakat yang sangat menjunjung tinggi agama dan nilai persatuan. Kita tidak mengikuti dan mengekor negara lain,” urainya.

 

Berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *