Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 21 January 2017

LPMQ Rilis Aplikasi Qur’an Kemenag Versi Web


islamindonesia.id – LPMQ Rilis Aplikasi Qur’an Kemenag Versi Web

 

Aplikasi Qur’an Kemenag versi Web sudah dapat diakses mulai hari Jumat, (20/1/2017) kemarin. Rilis layanan ini melengkapi aplikasi Qur’an Kemenag versi Android yang dirilis sebelumnya.

“Aplikasi Quran Kemenag versi website bisa diakses di http://quran.kemenag.go.id. Konten dalam versi Android, seperti teks ayat, terjemah, tafsir, pencarian kata, murattal dan fasilitas sharing, dapat dinikmati juga pada versi web yang baru diluncurkan ini,” kata Kepala Seksi Pengkajian Alquran Lajnah Penstashihan Mushaf Alquran (LPMQ) Zarkasi di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Menurutnya, layanan baru Qur’an Kemenag versi Web yang membedakan dari versi Android adalah fasilitas Font Mushaf Alquran Standard. Pada versi website, tersedia font yang dapat digunakan para penerbit buku, akademisi, peneliti dan masyarakat yang hendak menulis ayat Alquran sesuai standard Kementerian Agama.

“Font yang tersedia dalam aplikasi ini telah memenuhi standard Rasm Usmani yang disepakati para ulama Alquran,” tandasnya.

Dalam versi ini, lanjut Zarkasi, pengguna dapat mendowload font mushaf standard terlebih dahulu untuk kemudian menginstallnya pada PC agar dapat membaca font tersebut.

“Kami menyadari bahwa penggunaan font ini masih memerlukan langkah penyederhanaan agar pengguna semakin mudah dan nyaman,” ujarnya.

“Pengembangan dan penyempurnaan terhadap aplikasi ini akan selalu dilakukan, oleh karena itu masukan dan catatan terhadapnya sangat kami butuhkan,” tambahnya.

LPMQ terus berusaha memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam bidang Kitab Suci umat Islam. Selain menerbitkan hasil kajian tafsir, LPMQ juga menyediakan mushaf, baik cetak maupun digital.

Aplikasi Qur’an Kemenag, baik versi Web maupun Android, kata Zarkasi, diharapkan dapat mempermudah akses umat Islam terhadap Alquran, baik saat di rumah, kantor, bahkan dalam perjalanan. Untuk memperluas akses tersebut, LPMQ juga akan merilis aplikasi Quran Kemenag versi IOS bagi pengguna Apple pada akhir Januari 2017.

LPMQ juga akan meluncurkan layanan berbasis on line sebagai sarana publik untuk memberikan saran dan masukan atas terbitan Kementerian Agama, khususya terkait terjemahan Alquran. Saran dan masukan publik penting karena menindaklanjuti rekomendasi Mukernas Ulama Alquran tahun 2015 di Bandung, LPMQ tengah mengadakan kajian penyempurnaan Alquran sejak awal 2016.

“Upaya penyempurnaan terjemah Alquran terbitan Kementerian Agama terakhir kali dilakukan pada tahun 2002,” ujar Zarkasi.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *