Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 16 December 2018

Lombok Raih Peringkat Pertama Tujuan Wisata Halal 2018


islamindonesia.id – Lombok Raih Peringkat Pertama Tujuan Wisata Halal 2018

 

Daftar Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2018 menempatkan Lombok di urutan pertama dari 10 tujuan wisata halal di Indonesia. Kata “halal” di sini bermakna sangat bersahabat dengan para pengunjung beragama Islam, mulai dari lingkungan dan fasilitas penunjang ibadahnya.

Dilansir dari The Jakarta Post, ada empat kriteria agar sebuah area wisata bisa dilabeli tempat wisata halal. Kriteria-kriteria tersebut menyangkut akses ke tempat ibadah, komunikasi, lingkungan sekitar, dan pelayanan di tempat tersebut. Selain itu, perkembangan area wisata juga menjadi pertimbangan tersendiri.

Terpilihnya Lombok di urutan pertama IMTI 2018 tak lepas dari banyaknya masjid dan fasilitas penunjang lainnya untuk umat Muslim. Tak kurang dari seribu masjid bisa dijumpai di Lombok, dan pemerintah setempat juga menujukkan keinginan kuat untuk menjadikan Lombok sebagai tujuan wisata yang bersahabat pada pemeluk agama Islam.

Keberhasilan Lombok sebagai pemuncak daftar IMTI 2018 juga berimbas pada terangkatnya pamor Indonesia di Global Muslim Travel Index (GMTI). Jika di tahun 2015 Indonesia menempati peringkat 6, di tahun 2018 ini Indonesia naik empat strip ke posisi dua.

Namun di balik kesuksesan menjadi yang terbaik di IMTI 2018, pekerjaan berat juga mengintai Lombok. Sebuah kawasan wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) ini ditargetkan bisa menarik lima juta wisatawan muslim di tahun 2019.

Lalu bagaimana dengan sembilan area wisata lainnya di IMTI 2018? Berturut-turut di bawah Lombok adalah Aceh, Jakarta, Sumatera Barat, Yogyakarta, Jawa Barat, Kepulauan Riau, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Sulawesi Selatan.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *