Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 25 June 2014

Lindungi Muslim, Biksu Budha dianiaya


Inilah.com.

Vijitha Thero diculik dan dianiaya pasca mengkritik keras atas terjadinya penyerangan terhadap komunitas Muslim di Alutgana dan Beluwara.

 

Seorang Biksu Budha sekaligus pemimpin Jathika Bala Sena, Watareka Vijitha Thero diculik, disiksa dan ditelanjangi oleh sekelompok orang yang diduga merupakan bagian dari Bodu Bala Sena (BBS), kelompok Buddhis esktrem yang anti-Muslim, sebagaimana dilansir situs berita Inilah.com.

Aksi penculikan itu terjadi setelah Vijitha Thero mengkritik keras atas terjadinya penyerangan terhadap komunitas Muslim di Alutgana dan Beluwara.

Sebagaimana dilaporkan situs islamicnewsdaily.com, Biksu diserang di pinggiran Kolombo, Rabu (18/6). Ia ditemukan dalam keadaan bugil dengan kaki dan lengannya terikat di pinggir jalan di kota Panadura. Sementara itu, jubah dan dompetnya ditemukan tak jauh dari tempanya berbaring.

Beruntung, Vijitha Thero tertolong berkat laporan Shehan Kapuge, warga setempat. Kapuge memberi tahu orang-orang di sekitarnya bahwa ada seorang biksu dilempar dari kendaraan pada Kamis (19/6). Alkhirnya, Kapuge, dibantu warga lain, membawa Vijitha Thero ke Rumah Sakit Nasional di Kolombo.

Dr Prasad Ariyawansha, wakil direktur rumah sakit, mengatakan Vijitha Thero menderita banyak luka parah di tubuhnya.

Vijitha Thero adalah pengkritik Bodu Bala Sena (BBS), kelompok Buddhis esktrem yang anti-Muslim. Juga merupakan anggota Uni Aliansi Rakyat untuk Kebebasan, koalisi partai yang berkuasa saat ini, dan anggota Mahiyanagana Pradeshiya Sabha, atau dewan lokal.

Meski bukan kali pertama Vijitha Thero diserang BBS, namun penyerangan kali ini sangat serius dan nyaris merengut nyawanya.

Sementera itu, pihak BBS membantah telah melakukan penculikan dan penganiayaan itu. Seorang anggota komite eksekutif BBS, Dilanthe Withanage mengatakan; “Ini cara lain untuk memfitnah kami.” [LS]

 

Sumber: Inilah.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *