Satu Islam Untuk Semua

Wednesday, 13 August 2014

Lima Langkah Tingkatkan Postive Mind


Nancyburrouw.wordpress.com

Apa jadinya kalau dalam keseharian Anda selalu berfikir negatif? Oh, tentu saja hari-hari Anda akan kelam sekelam pikiran negatif Anda. Halangan dan rintangan yang menjegal hanya akan Anda sumpah serapahi begitu saja.

Berbeda sekali saat Anda selalu berfikir positif. Anda akan dengan mudah berfokus pada masalah yang ada dan berusaha mencari jalan keluarnya.
Lalu apa kiat selalu berfikir positif? Matthew Kelly dalam bukunya, The Rhythm of Life menyarankan hal-hal ini:

1. Perkaya spritualitas Anda.
Ada banyak cara memperkaya spritualitas. Sebagai seorang Muslim, Anda bisa berdua-duaan dengan Allah swt dalam shalat dan doa atau sekedar tafakkur 10-15 menit setiap harinya. Ini akan membantu Anda selalu memiliki inspirasi dan tetap tangguh menghadapi berbagai peristiwa sehari-hari.

2. Tulis daftar syukur.
Cobalah menulis segala hal yang layak disyukuri dalam satu buku khusus. Menuliskan hal-hal ini akan membuka mata Anda, betapa Anda adalah manusia beruntung!

3. Penuhi pikiran dengan pesan-pesan positif.
Setelah bangun pagi dan tentunya, shalat Subuh, coba Anda rancang informasi dan pesan apa saja yang ingin Anda jejalkan di kepala Anda. Hindari membaca cerita-cerita penuh tragedi dan horor di pagi hari. Ada banyak cerita-cerita atau video-video inspiratif. Anda bisa minta bantuan Om Youtube.

4. Berinteraksi dengan mereka yang mendukung.
Berusahalah sesering mugkin bergaul dengan mereka yang berpikiran positif karena emosi positif mereka akan menular pada Anda. Tapi tak mesti saban hari bertemu mereka. Memiliki teman yang bisa memberi dukungan pada Anda saat masalah terjadi akan membuat Anda punya waktu lebih banyak untuk tetap berpikir positif.

5. Tetap aktif.
Latihan fisik alias olahraga sangat mempengaruhi kesehatan mental. Kalau Anda menemukan satu olahraga yang bisa memperbaiki mood dan meningkatkan kesehatan Anda, maka tekunilah. Olahraga membuat kognisi anda melonjak, memperlambat penuaan sel dan merupakan anti depresi alami.
Tertarik? Mari, dicoba! (A/blogs.psychcentral)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *