Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 30 January 2014

Lewat Hip-hop, Native Deen Dakwahkan Islam


www.irusa.org

Native Deen, salah satu grup hip-hop asal Washington DC Amerika Serikat (AS) ini rutin mendakwahkan pesan-pesan islam lewat aliran musik yang disukainya tersebut.

Grup yang terdiri dari tiga pemuda, Joshua Salaam, Abdul-Malik Ahmad dan Naeem Muhammad ini mampu menembus pasar internasional. Dari mulai negara asalnya, AS sampai Eropa, Asia, Afrika dan Timur Tengah.

Awalnya, para personel Native Deen bersolo karir sembari  aktif  berdakwah di komunitas muslim AS. Kemudian mereka memutuskan untuk bergabung dan menebarkan dakwah Islam secara bersama-sama lewat grup musik genre hip-hop.

Akhirnya, pada tahun 2000 mereka pun memulai karir profesional di industri musik dengan liriknya yang khas menyoroti isu-isu yang dihadapi Muslim AS.

Melalui  cara-cara kreatif, mereka mengenalkan Islam yang rahmatan lil’alamin kepada publik AS. Seperti halnya musik hip-hop, sebagian besar lagu-lagunya hanya diiringi oleh instrumen perkusi dan sejenis gamelan (xylophone). Hanya saja yang membedakan dalam hal liriknya-liriknya yang banyak berbicara tentang nilai-nilai Islam (tauhid, haji, sabar, tawakkal), juga ajakan untuk menjaga iman, hidup lebih baik, tidak menyerah pada tekanan godaan hawa nafsu, dan nilai-nilai kemanusiaan yang universal.

Ketiga laki-laki Afrika-Amerika yang dibesarkan sebagai Muslim di Amerika ini telah mengilhami jutaan Muslim dan non-Muslim dari segala usia dan etnis dari seluruh dunia. Native Deen telah melakukan tur-nya  lebih dari 60 kota di Amerika, Afrika, Asia, Eropa dan Timur Tengah, bahkan sempat mengadakan konser di jalur Gaza, Palestina untuk mendakwahkan Islam.

Grup nasyid hip-hop asal AS yang pernah berkunjung ke Indonesia ini pernah mengungkapkan kekagumannya atas simbol toleransi yang ada di Indonesia. Untuk itu mereka memilih Indonesia sebagai destinasi tur mereka.

“Waktu saya ke sini saya sudah melihat Istiqlal kemudian di sebelahnya ada gereja, itu menunjukkan adanya toleransi dalam beragama,” ujarnya.

Lagu-lagu yang menjadi hitsnya antara lain “Night of Remembrance” dirilis tahun 2004, “Deen You Know” dirilis tahun 2005,  “Not Afraid to Stand Alone” dirilis tahun 2007, “I Am Near dirilis tahun  2010”.

Sumber: satuislam.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *