Satu Islam Untuk Semua

Monday, 26 August 2019

Lembaga Pendidikan Islam Terbanyak di Dunia Masih Dipegang Indonesia


islamindonesia.id-Lembaga Pendidikan Islam Terbanyak di Dunia Masih Dipegang Indonesia

Hingga kini, status negara dengan jumlah lembaga pendidikan Islam terbanyak di dunia masih dipegang oleh Indonesia. Ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin saat menghadiri milad berdirinya Pondok Pesantren Tebuireng ke-120 di Jombang.

Jumlah madrasah, misalnya, mencapai 80 ribu dengan total siswa menghampiri sepuluh juta jiwa. Adapun jumlah pesantren menembus angka 28 ribu dengan lebih dari empat juta santri. Ini belum termasuk lembaga lain dalam level taman kanak-kanak dan perguruan tinggi.

“Santri yang usia anak-anak saja di pondok pesantren jumlahnya jutaan. Ini paling besar di dunia,” kata Kamaruddin seperti dilansir Kemenag.go.id, 25 Agustus.

Tidak heran, karekter keberagaman Indonesia dipengaruhi tradisi keilmuan di pendidkan Islam. Indonesia yang damai, moderat dan toleran saat ini tidak bisa dipisahkan dari lembaga Pendidikan Islam seperti pondok pesantren, madrasah hingga perguruan tinggi kagamaan Islam.

“Indonesia merupakan pusat washatiyah (moderat-red) di dunia. Keberagaman yang ada bisa di-manage dengan baik karena peran lembaga pendidikan Islam, dari pesantren hingga perguruan tingginya,” kata Profesor lulusan Kampus Bonn Jerman ini.

Di negara-negara sekuler seperti Inggris, kata Komaruddin, proses pendidikan agama dilaksanakan gereja. Sementara siswanya berasal dari kalangan kelas menengah ke atas sehingga menjadi sekolah unggulan.

Adapun madrasah di Indonesia berkembang dari bawah dan banyak diselenggarakan oleh masyarakat. Hal ini yang membuat lembaga pendidikan Islam tidak elitis dan mahal. “Tapi prestasinya tidak kalah dengan sekolah umum,” ujarnya.

YS/islamindonesia/Foto: merahputih.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *