Satu Islam Untuk Semua

Monday, 26 August 2013

Lembaga Amal Muslim AS Raih Penghargaan Terbaik


Helping Hand for Relief and Development (HHRD), sebuah badan amal Muslim terkemuka di Amerika Utara meraih penghargaan sebagai  salah satu satu dari sepuluh badan amal Amerika Serikat  terbaik. Demikian pemberitaan yang dilnasir oleh situs OnIslam.net pada Minggu (25/8).

Menurut Naeem Baig, penghargaan itu merupakan  hal yang membanggakan bagi semua Muslim Amerika.  “Kami berdoa untuk keberhasilan lanjutan dari  Helping Hand dan menguatkan upaya mereka untuk membawa bantuan kepada orang miskin dan yang membutuhkan di seluruh dunia.”ujar Presiden Islamic Circle of North America (ICNA) itu.

Dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan  Charity Navigator, lembaga penilai terbesarpada hari Kamis, 22 Agustus, mengatakan bahwa HHRD diakui berada di antara 10 badan amal terbaik yang mengandalkan kontribusi swasta.

Peringkat ini diumumkan oleh Charity Navigator, lembaga penilai terbesar  dan obyektif dari berbagai kegiatan amal. Mereka menyebut  HHRD sangat pantas meraih penghargaan ini karena merupakan bada amal paling baik  dari  sekitar 6.000 lembaga amal lainnya  di Amerika.

Dalam pengumuman Charity Navigator, HHRD menduduki peringkat ke-6 dan menerima skor 68,95 dalam kinerja keuangan, dan 70 di Akuntabilitas dan Transparansi, dengan nilai keseluruhan 69,25 dari 70. Ini menjadikan HHRD layak mendapatkan anugrah bintang empat.

HHRD merupakan sebuah  organisasi non pemerintah (NGO) yang bergerak di bidang kemanusiaan global. Kendati diidentifikasi sebagai milik orang-orang Islam namun  dalam pergerakannya HHRD tidak hanya konsen terhadap penderitaan orang-orang islam semata namun juga penderitaan manusia  secara keseluruhan tanpa membedakan agama, ras, jenis kelamin, etnis serta golongan.

Hingga kini HHRD memiliki 13 kantor di Amerika Utara dan sekitar 300 karyawan di seluruh dunia. HHRD juga memiliki kantor di Yordania untuk Timur Tengah, Kenya & Somalia untuk Afrika, Pakistan untuk Asia Selatan dan di Myanmar dan Thailand untuk Asia Tenggara.  Diberitakan banyak program bantuan mereka yang dinilai sukses di Haiti, Kenya, Somalia, India, Suriah, Yordania, Mesir, Tunisia, Pakistan, Kashmir, Bangladesh, Burma, Thailand, dan Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *