Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 02 October 2018

Legenda Tinju Dunia, Naseem Hamed, Meminta Yaman Didoakan di Arab Saudi


Naseem Hamed

islamindonesia.id – Legenda Tinju Dunia, Naseem Hamed, Meminta Yaman Didoakan di Arab Saudi

 

Mantan juara dunia tinju berkebangsaan Inggris yang melegenda, Naseem Hamed (Prince / Pangeran, gelar di atas ring) secara tidak terduga memberikan pernyataan mengejutkan pada even boxing profesional yang pertama kalinya digelar di Arab Saudi pada hari Sabtu (29/9). Di stadion di Jeddah yang penuh sesak itu Naseem (44) menyoroti tentang Perang Yaman.

Ketika diundang ke atas ring untuk diwawancarai, dalam sebuah video dari media Middle East Eye, Naseem berkata, “Saya merasa terhormat dan tentu saja suka berada di Kerajaan Arab Saudi. Ini adalah terobosan, Alhamdulillah, kita memiliki pertandingan besar pertama di sini, di Jeddah.

“Sungguh menakjubkan untuk menjadi bagian dari ini. Saya telah diminta untuk menjadi duta internasional untuk even World Boxing Super Series, dan saya bersedia, sebagaimana kalian tahu, saya sekarang di sini. Ada beberapa pertandingan hebat malam ini di sini. Ada atmosfir yang hebat. Even ini seperti…. Lihatlah keramaian ini,” kata Naseem.

Ketika penonton bersorak-sorai gempita, tiba-tiba Naseem memotong, “Tapi dengarlah, saya di sini hari ini untuk menyaksikan even pertama di Arab Saudi, di Jeddah, dan saya bangga. Tapi pada saat yang sama, saya selalu berkata kepada saudara laki-laki dan perempuanku, untuk mendoakan Yaman. Berdoalah untuk Yaman!” kata Naseem sambil mengepalkan tangannya dengan mata yang berkaca-kaca.

Pernyataan Naseem tentang Yaman mendapat sambutan bergemuruh dari penonton, kemudian Naseem berbicara dalam bahasa Arab, “Dengan jiwa kami dan dengan darah kami, kami akan berkorban untukmu wahai Yaman!” penonton masih terus bergemuruh.

 

Legenda Tinju Dunia Keturunan Yaman

Naseem berkebangsaan Inggris, tetapi orang tuanya merupakan keturunan Yaman, dan dia merasa memiliki ikatan emosional dengan Timur Tengah.

“Saya memberitakan Timur Tengah ketika saya diberitakan dunia pada 1990-an, dan memberi orang di sini sesuatu yang bisa dibanggakan,” kata Naseem kepada Arab News. “Sekarang saatnya untuk mengambil langkah ke depan. Saya berencana untuk duduk bersama pemerintah dan mendirikan Akademi Prince Naseem, sekolah tinju unggulan, di sini. Saya ingin menghasilkan juara dari Arab Saudi dan di seluruh wilayah (Timur Tengah).”

Di masa mudanya Naseem yang kelahiran Sheffield, Inggris, pernah berjaya di dalam dunia tinju. Dia menjadi juara dunia di tiga kelas yang berdeda, yaitu kelas bulu, kelas bantam, dan super-bantam. Bukan sekedar juara, dalam setiap pertandingan dia selalu menyuguhkan tontonan yang menarik dengan gaya masuk ke arenanya yang unik: dengan musik, pencahayaan yang gemerlapan, asap panggung, tarian, dan atraksi salto.

Begitu pertandingan dimulai, dia menyajikan tontonan yang lebih aneh lagi, gaya bertinjunya “tidak normal” bagi kebanyakan petinju. Jika umumnya petinju mengangkat tangannya untuk melindungi tubuh dan wajahnya, tetapi tidak bagi Naseem, dia malah menjulurkan tangannya ke bawah, seolah-olah mengolok-olok lawannya.

Meski demikian, ketika dihantam dia mampu meliukan tubuhnya, seperti sedang berdansa, dan tidak ada satupun pukulan lawan yang dapat mengenainya. Dia tidak tersentuh. Kemudian, secara tiba-tiba dia melancarkan serangan balasan tanpa disadari oleh lawannya, yang mana mereka sering kebingungan dengan apa yang terjadi. Sebab tiba-tiba tubuh mereka sudah terjatuh di atas kanvas.

Sebagaimana telah diberitakan sebelumnya, lebih dari 8.600 orang terbunuh dan 49.000 orang terluka semenjak pecahnya perang di Yaman pada Maret tahun 2015. Dilansir dari bbc, kebanyakan dari mereka terbunuh atau pun terluka karena serangan udara dari pasukan koalisi yang dipimpin oleh Arab Saudi.

Konflik dan blokade yang dilakukan oleh pasukan koalisi terhadap Yaman juga menyebabkan krisis pangan terbesar di dunia yang mengakibatkan sebanyak 20 juta warga Yaman terancam kematian. Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengatakan, bahwa dengan hancurnya infrastruktur sipil, blokade makanan, obat-obatan, dan bahan bakar, Yaman telah jatuh ke dalam situasi bencana kemanusiaan.

Beberapa highlight pertandingan Prince Naseem Hamed di masa mudanya dapat dilihat di video di bawah ini:

 

PH/IslamIndonesia

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *