Satu Islam Untuk Semua

Monday, 13 April 2015

‘Lebih 6.000 Warga Eropa Berperang di Suriah’


Teroris Eropa.

Jumlah warga Eropa yang ikut berperang di Suriah bersama pelbagai kelompok militan takfiri diperkirakan lebih dari 6,000 jiwa, ungkap pejabat teras Uni Eropa.

Anggota komisi hukum Uni Eropa, Vera Jourova, menyampaikan pernyataan itu dalam sebuah wawancara dengan koran Perancis, Le Figaro, Sabtu lalu.

“Di Eropa kami perkirakan ada antara 5.000-6.000 warga yang telah berangkat ke Suriah,” tutur Jourova, sambil menambahkan bahwa angka sebenarnya kemungkinan jauh lebih besar karena sulitnya melacak jumlah militan asing yang berperang di Suriah.

Menurut Jourova, Brussels ingin mencegah warga Eropa yang mau bergabung sekaligus menyelidiki alasan mendasar mengapa warga Eropa ingin berperang bersama kelompok-kelompok militan di Suriah.

Jourova menyatakan bahwa sebuah lembaga penelitian Inggris mengidentifikasi sejumlah alasan keberangkatan warga Eropa ke Suriah, antara lain, “Hasrat berpetualang, kejenuhan, ketidakpuasan dengan situasi hidup mereka dan kurangnya prospektif di negeri mereka masing-masing.”

Selain itu, Jourova menyatakan bahwa Uni Eropa juga fokus mempercepat pertukaran informasi antara negara anggota, aparat kepolisian dan kehakiman, yang pada akhirnya dapat menambah kemampuan pencegahan dan berbagi data intelijen terkait dengan kalangan yang ingin bergabung dengan kelompok militan di Suriah.

(MH/Press TV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *