Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 14 December 2017

Lawan Zionis dan Amerika, Hamas Seru Warga Palestina Gelar Intifada Ketiga


islamindonesia.id – Lawan Zionis dan Amerika, Hamas Seru Warga Palestina Gelar Intifada Ketiga

 

Genap sepekan pasca Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel,  kelompok pejuang Hamas di Jalur Gaza, Palestina, mengumumkan dimulainya gerakan perlawanan intifada ketiga di seluruh wilayah Palestina.

Hamas menyerukan kepada segenap warga Palestina untuk menggelar intifada sebagai protes terhadap pengakuan Amerika atas Yerusalem. Diberitakan, sejak pengumuman Trump, perlakuan bengis aparat rezim Zionis telah menyebabkan dua warga sipil Palestina tewas dan seribu lainnya menderita luka-luka.

“Unjuk rasa akan berlanjut di Tepi Barat, Jalur Gaza, dan Yerusalem. Kami memprotes keputusan Amerika mengakui Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel. Kami menganggap Yerusalem adalah Ibu Kota Palestina. Kami berharap protes ini akan terus meluas,” ujar pernyataan Hamas kepada kantor berita RIA Novosti, seperti dilansir laman Sputnik News, Selasa (12/12/2017) kemarin.

Sehari setelah pengumuman Trump yang dikecam banyak negara Muslim dan sejumlah pemimpin dunia, kepala biro politik Hamas menyerukan intifada ketiga melawan AS dan Israel. Perlawanan rakyat Palestina terhadap kesewenangan aparat keamanan Israel pun terus meningkat sejak pengumuman itu. Pada saat yang sama, militer Israel juga melancarkan operasi militer menggempur terowongan-terowongan Hamas di Jalur Gaza.

Sementara itu, anggota Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) Wasel Abu Yusuf mengatakan kepada Sputnik, Hamas dan Fatah yang sebelumnya bertikai kini bersatu menentang keputusan Trump soal Yerusalem.

[Baca: JK Harap Fatah dan Hamas Bersatu Hadapi Israel]

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *