Satu Islam Untuk Semua

Monday, 19 May 2014

Larangan Olahraga Bagi Perempuan Saudi dicabut


Arabnews.

Untuk pertama kalinya murid perempuan Arab Saudi dibolehkan berolahraga di sekolah.

Murid perempuan di sekolah Arab Saudi kini patut bersuka cita. Betapa tidak, peraturan pemerintah Arab Saudi yang dulu melarang anak perempuan untuk olahraga di sekolah, kini dicabut. Demikian dilaporkan ArabNews pada Senin, (19/05).

Pencabutan ini berlaku setelah dikeluarkannya surat keputusan baru terkait pencabutan larangan olahraga bagi perempuan. Keputusan yang pertama kali dilakukan pemerintah Arab Saudi ini secara otomatis menjadi peluang bagi perempuan untuk berkarir di bidang olahraga.

Para murid perempuan di Amal Institute, Jeddah berkompetisi dalam turnamen bola voli pekan lalu setelah sekolah membangun fasilitas olahraga baru untuk kegiatan basket, tenis dan hoki.

Sebelumnya, pada April lalu sempat terjadi perdebatan sengit terkait larangan ini dan membuat Dewan Syura merekomendasikan tentang aturan tersebut, untuk dibatalkan.

Dewan mengutip putusan akhir Sheikh Abdul Aziz bin Baz, mantan mufti Arab Saudi, bahwa perempuan berhak untuk bermain olahraga “dalam batas-batas yang ditetapkan hukum Islam.”

Isu perempuan Saudi dalam olahraga mendapat sorotan di Olimpiade 2012 di London, ketika Kerajaan tunduk pada tekanan internasional dan mengirim atlet perempuan untuk bersaing, yang juga pertama kalinya.

Komite Olimpiade Internasional setuju mengizinkan dua perempuan Saudi—pemain judo dan pelari jarak menengah—untuk bersaing dengan menutup kepala dan tubuh mereka guna menghormati aturan berpakaian Islam yang diberlakukan Arab Saudi. [LS]

 

Sumber: ArabNews.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *