Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 03 January 2017

Langkah Mudah Bikin Perpustakaan Masjid


tips-singkat-rintis-perpustakaan-masjid

islamindonesia.id — Langkah Mudah Bikin Perpustakaan Masjid

 

Masjid sebagai tempat suci umat Islam, selain sebagai tempat ibadah juga berfungsi sebagai pusat kegiatan dalam mengatur tata kehidupan umat. Di tempat ini pula biasanya pertama kali seorang anak Muslim dikenalkan dengan tata kehidupan ber-Islam dengan berbagai cara, di antaranya melalui kegiatan pengajian, kegiatan TPA/TPQ dan lain sebagainya.

Agar fungsinya sebagai tempat pendidikan awal para anak Muslim dapat berjalan dengan baik dan optimal, perlu adanya sarana dan prasarana penunjang.

Salah satu sarana dan prasarana penunjang masjid sebagai lembaga pendidikan adalah perpustakaan, yang dengannya akan tersedia sarana bacaan yang dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan keagamaan bagi para jamaah masjid dan masyarakat sekitar.

Di era digital seperti sekarang ini, banyak orang cenderung menggunakan e-book. Memang tak ada yang salah dengan buku digital tersebut, tetapi akan lebih baik jika buku-buku keislaman dalam bentuk cetak juga melengkapi masjid.

Perpustakaan dan buku bagian dari peradaban Islam. Itulah sebabnya mengapa perlu melestarikan perpustakaan di masjid agar anak-anak belajar sejarah dan ilmu Islam di masjid.

Mungkin sebagian masjid sudah memiliki sarana perpustakaan sejak pendiriannya. Lalu bagaimana mewujudkan Perpustakaan Masjid bagi yang saat ini masih belum tersedia sarana tersebut?

Berikut tips singkatnya seperti dilansir Soundvision, Senin (2/1/2017).

Sediakan Ruang

Jika masih ada ruang kosong di masjid yang dapat dijadikan perpustakaan, mulailah bersama-sama jamaah membersihkan ruang tersebut untuk difungsikan sebagai perpustakaan. Letakkan rak-rak untuk menyusun buku.

Tentukan Audience

Pertimbangkan siapa sasaran pembaca di perpustakaan masjid. Jika semua, maka tentukan buku untuk anak-anak, remaja, muda dewasa, wanita, pria, menikah, orang dewasa, atau guru. Susun di rak sesuai kategori usia.

Kumpulkan Buku

Mulailah seleksi buku Islam lokal atau komunitas. Perhatikan penerbit buku untuk mendapat buku bacaan Islam yang ‘bergizi”. Buku harus yang benar-benar berisi ajaran Islam sesuai Sunnah.

Beri Kelengkapan Tambahan

Pastikan ada pamlet yang memberitahu ada perpustakaan di masjid yang berisi buku-buku bagus. Undang jamaah untuk giat membaca buku dan pertahankan keberadaan perpustakaan dengan terus menambah koleksi buku-bukunya.

Demikian tips singkat berisi langkah sederhana yang mesti dilakukan sebagai upaya merintis terwujudnya Perpustakaan Masjid. Semoga bermanfaat.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *