Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 25 August 2018

Lagi, Koalisi Saudi Tewaskan Puluhan Warga Sipil dan Anak-Anak Yaman


islamindonesia.id – Lagi, Koalisi Saudi Tewaskan Puluhan Warga Sipil dan Anak-Anak Yaman

 

Tak peduli kecaman yang dilancarkan banyak pihak di seluruh dunia atas tindakannya yang menyalahi hukum internasional, kali ini koalisi Arab Saudi kembali mengulang serangan udara menyasar pemukiman warga hingga merenggut korban jiwa 26 anak-anak tak bersalah. Para pejabat PBB pun menyerukan penyelidikan independen atas serangan-serangan yang menargetkan warga sipil di Yaman tersebut.

Kepala bantuan PBB, Mark Lowcock mengatakan, setidaknya 22 anak-anak dan empat perempuan tewas dalam serangan udara pada Kamis (23/8/2018) waktu setempat. Serangan ini terjadi saat warga pergi menyelamatkan diri dari pertempuran di distrik Al-Durayhimi, sebelah selatan kota Hodeida yang dikuasai Houthi.

Selain serangan itu, empat anak lainnya tewas dalam serangan udara terpisah di Al-Durayhimi, juga pada hari yang sama.

Kantor berita Saba melaporkan, serangan udara koalisi Arab Saudi tersebut mengenai sebuah rumah. Namun Uni Emirat Arab, mitra penting dalam koalisi pimpinan Saudi menyalahkan Houthi atas serangan tersebut.

Al-Durayhimi berlokasi di sekitar 20 kilometer selatan Hodeida, dan selama dua pekan ini dilanda pertempuran antara Houthi dan pasukan pro-pemerintah yang didukung oleh Uni Emirat Arab.

“Ini kedua kalinya dalam dua pekan bahwa serangan udara koalisi pimpinan Saudi telah mengakibatkan korban jiwa puluhan warga sipil,” ujar Lowcock dalam statemen seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (25/8/2018). Lowcock menjabat sebagai Wakil Sekjen untuk urusan kemanusiaan PBB.

Sebelumnya pada 9 Agustus lalu, serangan koalisi Saudi ke sebuah bus di Saada yang dikuasai Houthi, menewaskan 40 anak-anak. Sekjen PBB Antonio Guterres juga telah menyerukan adanya penyelidikan independen atas serangan tersebut.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *