Satu Islam Untuk Semua

Monday, 14 April 2014

Kunci Keberhasilan Haji dan Umroh


www.cheria-travel.com

Saat meminta pasti diberi, ketika berdoa pasti dikabulkan, dan semua ongkos hajinya pasti diganti.

 

Sikap pasrah ketika melaksanakan ibadah haji atau umroh merupakan salah satu kunci keberhasilan menjadi tamu Allah di tanah suci Makkah. Karenanya, Mustasyar PBNU KH Sya’roni Ahmadi mengimbau kepada setiap Muslim agar meluruskan niat ketika hendak berhaji atau berumroh. Sehingga, mereka yang berhaji atau berumroh tersebut tidak memiliki keinginan lain kecuali niat ibadah.

Sikap pasrah ini tecermin saat kita menjalankan ibadah. Kita tidak dikhawatirkan dengan berbagai hal terkait hal duniawi. Sebab, menurut ulama kharismatik yang biasa disapa Mbah Sya’roni ini, “Bila sudah menjadi tamu Allah, maka semua permasalahan jamaah akan ditanggung oleh Allah,” terang Kiai Sya’roni dalam pengajian rutin Tafsir Al-Qur’an di Masjid Al-Aqsha Menara Kudus, Jum’at (11/4) pagi seperti dikutip dari NU Online.

Setiap tamu Allah, tambah kiai mengutip sebuah hadits, memiliki rahasia yang dijanjikan-Nya yaitu saat meminta pasti diberi, ketika berdoa pasti dikabulkan, dan semua ongkos hajinya pasti diganti.

“Karenanya, sebagai tamu Allah jemaah harus memasrahkan segala permasalahan kepada-Nya. Mereka pasti mendapat jalan keluarnya,” tambahnya.

Ia mencontohkan, setiap ada permasalahan seperti kehilangan barang berharga jemaah tidak perlu bercerita kepada temannya. Tetapi pasrahkan semuanya kepada Allah sehingga akan mendapat ganti dari-Nya.

Untuk pasrah kepada Allah, Mbah Sya’roni meminta jemaah memperbanyak baca “Hasbunallah wani’mal wakil” sebanyak 450 kali.

“Pasrahkan dirimu, keluargamu dan harta bendamu  saat berhaji, maka Allah pasti menjamin semuanya,” tegasnya lagi dengan bahasa Jawa.

 

Sumber: Nu Online

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *