Satu Islam Untuk Semua

Friday, 14 February 2014

Kritik Muhammadiyah terhadap Generalisasi Islam Pemerintah AS


ROL

Saat menerima Duta Besar AS untuk Indonesia yang baru Robert O Blake di Kantor PP Muhammadiyah, Menteng Jakarta Pusat, Rabu (12/2), Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Din Syamsuddin memberikan kritik pada pemerintah Amerika Serikat (AS) tersebut tekait masih adanya upaya generalisasi Islam dengan kelompok garis keras dan fundamentalis.

“Jangan salah melihat Islam dan selalu mengeneralisasi Islam dengan kekerasan dan kelompok fundamental termasuk menggunakan istilah yang seringkali salah,” kata Din sesaat setelah melakukan diskusi dengan Dubes AS, Robert O Blake seperti dikutip dari ROL.

Menurutnya, saat ini ada mindset di AS tentang kelompok yang selalu menggunakan kekerasan dengan istilah Wahabi. Karenanya, ia menegaskan bahwa Islam tidak bisa  digeneralisasikan. Termasuk menggunakan istilah yang tidak tepat. Seperti menggunakan istilah  Alqaeda, Islam teroris dan Wahabi.

Din menambahkan, kelompok Wahabi itu lebih cocok bagi kelompok yang memperjuangkan bagi negara Arab Saudi. Bukan untuk seluruh dunia, apalagi di Indonesia.

“Muhammadiyah tentu tidak sepakat dengan kelompok kekerasan itu. Tapi kita minta jangan sampai AS salah menggunakan istilah Wahabi untuk kelompok tertentu di Indonesia,” tegasnya.

Din mengatakan penjelasan ke Dubes AS ini bagian dari perbaikan maindset bagi Dubes AS yang baru bahwa Indonesia tidak bisa disamakan dengan kondisi di beberapa negara lain. Pertemuan ini, jelas Din, juga bagian dari sambutan Dubes AS baru ini untuk bertugas di Indonesia.

Khususnya Muhammadiyah memiliki hubungan yang baik dengan AS dari berbagai kerjasama, seperti pendidikan, kesehatan dan kemasyarakatan.

“Sebagai orang yang pernah belajar di AS, kita belajar demokrasi di sana dan kita sampaikan kritik terhadap pemerintah AS,” ujarnya.

Hubungan Indonesia dan AS adalah mitra yang sama saling menguntungkan. Bukan hubungan negara superior dan inferior, Din menjelaskan.

Dubes AS Robert O Blake mengapresiasi langkah Muhammadiyah yang telah memperjuangkan nilai-nilai toleransi, anti kekerasan dan modernitas. Ia sedikit mempertanyakan beberapa hal terkait keislaman di Indonesia. Termasuk pertanyaan soal Wahabi di Indonesia.

Selain menerima Dubes AS untuk Indonesia yang baru, Din juga menerima Dubes Kerajaan Yordan yang baru Walid Al Hadeed.

Kunjungan Dubes Yordania ini juga menindaklanjuti kerjasama yang telah terjalin di bidang pendidikan dan keagamaan.

“Saya berharap Dubes Yordan yang baru juga melanjutkan kerjasama ini,” ujar Din.

Sumber: ROL

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *