Satu Islam Untuk Semua

Friday, 23 May 2014

Konferensi di Pakistan Membawa Kabar Baik bagi Persatuan Sunni-Syiah


Wilayah News.

Muslim Sunni dan Syiah adalah saudara dan tidak ada yang bisa menciptakan jurang pemisah antara mereka.

 

Persatuan Sunni-Syiah dalam Konferensi Stabilitas dan Kebangkitan Bangsa di Pakistan dikabarkan akan membawa angin segar bagi kedua belah pihak.

Seperti dilansir situs Wilayah News (23/05), kedua kelompok tersebut selain menyatakan sikap untuk bersatu, mereka juga bersedia untuk secara bersama-sama bersumpah memperjuangkan hak penuh rakyat Gilgit-Baltistan.

Majlis-e-Wahdat-e-Muslimin merupakan tuan rumah dalam pertemuan publik terbesar yang pernah ada dalam sejarah Gilgit-Baltistan. Sunni Bralevis, Deobandis dan Ahl-e-Hadits juga bergabung dalam pertemuan publik Muslim Syiah untuk pertama kalinya dalam sejarah wilayah tersebut.

Sebelumnya, mereka telah bergabung dalam kegiatan yang sama untuk agenda bersama: pemulihan subsidi gandum di bawah bendera Komite Aksi Awami.

Allama Raja Nasir Abbas Jafari, sekretaris jenderal MWM, telah menegaskan bahwa ia akan mendatangi tiap pintu di seluruh Pakistan untuk menggalang dan mendapatkan dukungan massa terhadap hak-hak konstitusional penuh rakyat Gilgit-Baltistan.

“Gilgit-Baltistan menunjukkan sikap persatuan dan melakukan aksi turun ke jalan selama 12 hari dengan membawa serta tuntutan atas hak-hak mereka. Haruskah rakyat Pakistan membentuk front persatuan yang sama, mereka juga akan mendapatkan semua hak-hak sah mereka seperti orang-orang dari Gilgit Baltistan,” ujar Allama membandingkan.

Pejabat tinggi MWM mengatakan bahwa Muslim Sunni dan Syiah adalah saudara dan tidak ada yang bisa menciptakan jurang pemisah antara mereka. Dia mengatakan bahwa Muslim Sunni yang menyadari fakta bahwa raja Arab loyal kepada Islam dan umat Islam. Dia mengatakan bahwa kaum Takfiri (orang-orang yang menuduh kafir) adalah musuh Islam dan Muslim dan mereka terlibat dalam genosida terhadap Muslim Syiah.

“Kami akan memperingati 13 Mei sebagai hari protes terhadap genosida Syiah di Karachi. Kami menyerukan kepada semua orang yang berpikir untuk bergabung dengan protes tersebut. Unjuk Rasa akan digelar di seluruh Pakistan untuk melampiaskan kemarahan terhadap kelambanan pemerintah,” katanya.

Anggota dewan Sunni Ittehad Sahibzada Hussain Raza, Minhajul Qur’an Farhat Abbas Shah, sarjana Ahli Hadits Hafiz Bilal Zuberi, Zafar Ralay dari PMLQ, Allama Amin Shaheedi dari MWM, Allama Hasan Zafar Naqvi dan perwakilan dari MWM di Balochistan MPA Agha Syed Mohammad Raza juga berbicara. Mereka mengecam para penguasa korup dan sistem lama mereka yang ada di Pakistan. Mereka menuntut sistem yang transparan dan penguasa yang jujur dan efisien untuk mendorong Pakistan keluar dari krisis yang terjadi. [LS]

 

Sumber: Wilayah News.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *