Satu Islam Untuk Semua

Friday, 29 December 2017

Komunike Bersama 128 Negara Untuk Palestina Merdeka


Komunike Bersama 128 Negara Untuk Palestina Merdeka

islamindonesia.id – Komunike Bersama 128 Negara Untuk Palestina Merdeka

 

Seperti dilansir media Kuwait News Agency, Parlemen Negara-Negara Arab (Arab Parliament) dikabarkan bakal menggelar pertemuan darurat untuk menggalang dukungan mengakhiri pendudukan Israel dan mendirikan negara Palestina pasca merebaknya isu status Kota Yerusalem, dan memutuskan Yerusalem sebagai Ibu Kotanya.

Arab Parliament usai menggelar rapat di Kairo, Mesir pada Kamis (28/12/2017) juga menyatakan akan melobi 128 negara pendukung resolusi PBB soal status Kota Yerusalem untuk segera mengakui Palestina sebagai negara merdeka.

Komunike itu juga menyatakan dukungan terhadap semua resolusi oleh Otoritas Palestina, yang menolak keputusan Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, mengenai status Kota Yerusalem sebagai Ibu Kota Israel.

Lainnya, Komunike ini menyatakan akan melindungi Kota Suci Yerusalem dan melawan setiap upaya untuk melemahkan kedaulatan Palestina atas kota itu.

Negara-negara Arab juga meminta perpecahan di internal Palestina segera diakhiri dengan mengikuti kesepakatan rekonsiliasi yang telah ditandatangani di Kairo beberapa waktu lalu.

Komunike ini juga menyatakan menolak upaya Israel untuk menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB untuk periode 2018 – 2019.

Mereka juga mendesak semua negara yang menolak resolusi PBB soal status Kota Yerusalem untuk mempertimbangkan kembali keputusannya dan mematuhi hukum internasional.

Arab Parliament juga bakal mengirim utusan kepada Sekretaris Jenderal PBB, dan Komisi Tinggi PBB untuk Hak Asasi Manusia untuk menghentikan semua kegiatan konstruksi pemukiman Israel di kawasan pendudukan Tepi Barat dan Jalur Gaza karena itu pelanggaran serius terhadap hak banga Palestina.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *