Satu Islam Untuk Semua

Thursday, 05 April 2018

Komitmen Turki-Rusia-Iran Ciptakan Damai Abadi di Suriah


Komitmen Turki-Rusia-Iran Ciptakan Damai Abadi di Suriah

islamindonesia.id – Komitmen Turki-Rusia-Iran Ciptakan Damai Abadi di Suriah

 

Dalam pernyataan bersama seusai pertemuan tingkat tinggi yang dilangsungkan di Ankara, Turki, pada Rabu (4/4/2018), tiga negara, yakni Turki, Rusia, dan Iran sepakat untuk berkomitmen dalam mencapai terciptanya genjatan senjata abadi di wilayah Suriah.

Kali ini Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan menjadi tuan rumah dalam pertemuan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani dan Pemimpin Rusia Vladimir Putin.

“Ketiga negara kembali menegaskan komitmen untuk bekerja sama dalam mencapai genjatan senjata abadi antara pihak-pihak yang bertikai,” tulis pernyataan resmi bersama.

Ketiga pemerintahan bakal bersama-sama mempercepat proses pencarian solusi politik terbaik di Suriah sebagai bagian dari proses perdamaian Astana yang telah disepakati pada tahun lalu. Ketiga pemimpin negara tersebut terakhir kali bertemu dalam pertemuan tripartit yang dilangsungkan di resor Laut Hitam di Sochi yang diselenggarakan Putin pada November 2017.

Erdogan menyebut perdamaian Astana sebagai satu-satunya inisiatif internasional yang efektif dalam membantu mengurangi kekerasan dan membantu terciptanya perdamaian di Suriah saat ini.

“Apa yang paling penting bagi kami adalah mendapatkan hasil. Kami harus mendapatkan hasil. Kami tidak lagi memiliki toleransi untuk penundaan karena orang-orang yang menjadi korban,” kata Erdogan seusai pertemuan.

Ketiga negara selama ini telah saling bekerja sama meski berada di pihak yang saling berseberangan dalam perang di Suriah.

Rusia bersama Iran mendukung militer dan politik rezin Presiden Suriah Bashar al Assad, sementara Turki terus menyerukan penggulingan presiden dan membantu kelompok oposisi.

Pertemuan tingkat tinggi ketiga negara selanjutnya akan dilangsungkan di Teheran. Namun untuk tanggal pastinya belum ditentukan.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *