Satu Islam Untuk Semua

Monday, 10 April 2017

Komite Kongres Ulama Perempuan Indonesia: Kami Tak Berpolitik


3MsEGzfLoY

Islamindonesia.id – Komite Kongres Ulama Perempuan Indonesia: Kami Tak Berpolitik

 

Untuk yang pertama kalinya, Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) akan digelar di Pondok Pesantren Kebon Jambu, Babakan Ciwaringin Cirebon. Ketua Steering Committee KUPI Badriyah Fayumi menegaskan, kongres ini bukan langkah untuk membuat partai politik, tapi murni sebagai ruang perjumpaan ulama perempuan dari berbagai latar belakang dan organisasi keislaman di Tanah Air.

“Kami tidak akan berpolitik kita jamin, tidak akan ada struktur kemudian milih siapa enggak akan,” kata Badriyah dalam konferensi pers di Ruang Bersama KeKini, Cikini, seperti dilansir metrotvnews.com, 9/4.

Kongres digelar untuk melegitimasi dan mengafirmasi kerja perempuan-perempuan ulama di Indonesia. Tujuan akhir kongres sama sekali bukan menjadi ormas atau organisasi perempuan tandingan.

“Untuk menyampaikan fakta kepada seluruh dunia bahwa ulama perempuan itu nyata, lho, di Indonesia. Mereka sudah melakukan berbagai peran dan level di berbagai tempat. Bukan untuk jadi ormas,” tegas dia.

Menurut Badriyah ini adalah ruang perjumpaan ulama perempuan dari berbagai latar belakang, pendidikan baik formal maupun pesantren. Selain itu, nantinya akan ada perjumpaan dengan masyarakat yang membutuhkan fatwa.

“Kemudian juga kita berjumpa dengan para aktivis dan korban yang masalahnya dimintakan fatwa pada ulama perempuan Indonesia ini. Jadi ini lebih pada forum silaturahim dan silatul ilmi ya,” katanya seperti dilaporkan detik.com.

Badriyah juga mengatakan, kongres ini akan dihadiri lebih dari 500 ulama perempuan se-Indonesia. Dia menjelaskan, kongres ini memang gagasan dari ulama perempuan Indonesia.

“Acara ini sejak awal digagas partisipatoris. Kami tidak mengandalkan ketokohan tertentu, karena ulama perempuan punya ilmu semuanya dalam berbagai level bahkan di tingkat komunitas terkecil pun sangat patut untuk dishare dengan ulama di daerah, dan patut untuk berpartisipasi pada khalayak,” kata Badriyah.[]

 

 

YS/ islam indonesia

One response to “Komite Kongres Ulama Perempuan Indonesia: Kami Tak Berpolitik”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *