Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 20 September 2014

Koleksi Foto Langka Mesjid Nabawi akan Dilelang


m.al-manar.com.lb

Anda ingin menyaksikan wajah Mesjid Nabawi di Madinah setelah dipermak pertama kali oleh pemerintah Saudi? Mungkin dalam waktu dekat ini keinginan itu bakal terwujud. Pasalnya, rumah lelang ternama dunia, Sotheby akan menjual 52 lukisan asli arsitek dan 216 keping foto ekspansi pertama Mesjid Nabawi sesuai titah Raja Abdul Aziz al-Saud tahun 1951.

Situs al-Manar melansir, pemilik arsip foto adalah arsitek Mesir bernama Fahmy Moemen Bey. Ia ‘kejatuhan bintang’ karena bertugas mendesain perluasan Mesjid Nabawi kala itu.

Bey memutuskan melelang arsip yang sudah disimpannya rapi selama 60 tahun dengan alasan ‘foto-foto itu seharusnya disimpan di sebuah universitas atau museum hingga bisa  dinikmati orang banyak.’

Pakar buku dan manuskrip Richard Fattorini bilang,  koleksi itu akan jadi ‘perangkat pendidikan untuk memahami arsitektur dan desain Islam’ karena menggambarkan dengan jelas bagaimana marmer, jendela, kubah dan bahkan pilar yang akan dihiasi dan digunakan di dalam Mesjid Nabawi.

”Anda bisa bayangkan kalau harganya akan sepadan dengan kelangkaan dan keunikan arsip ini,” tandasnya tanpa menyebut harga tertentu karena lelang ini memang akan dilaksanakan secara tertutup.

Fattorini menambahkan, koleksi foto ini akan dilelang sekaligus, tidak terpisah-pisah.

(Nisa/al-Manar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *