Satu Islam Untuk Semua

Sunday, 20 August 2017

Kloter Jemaah Haji Mabes TNI Tiba di Jeddah


islamindonesia.id – Kloter Jemaah Haji Mabes TNI Tiba di Jeddah

 

Sebanyak 232 jemaah haji dari keluarga besar TNI yang tergabung dalam Kelompok Terbang (Kloter) 45 Embarkasi Jakarta Pondok Gede (JKG 45) tiba di Bandara King Abdul Aziz International Airport (KAAIA), Jeddah, Sabtu (19/8/2017) malam. Setelah menjalani pemeriksaan di imigrasi dan bea cukai bandara, mereka ke luar dari terminal haji pada pukul 21.30 WAS.

Jemaah disambut oleh Kepala Sub Pembinaan Mabes AU Kolonel Jaetul Muchlis dan sejumlah petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi. Jemaah yang terdiri dari anggota TNI aktif di semua angkatan, para purnawirawan dan keluarga besar TNI itu kemudian diarahkan menuju Plaza B3 untuk miqot dan ihram.

Selanjutnya kloter ini disebut Kloter Markas Besar (Mabes) TNI karena hampir 70% jemaahnya adalah keluarga besar TNI. Namun Kloter JKG 45 juga diisi sipil.

Mereka adalah jemaah dari Jakarta dan sekitarnya. Jaetul menuturkan, di TNI terdapat Badan Koordinasi Urusan Haji yang dikukuhkan melalui Surat Keputusan Panglima TNI. “Di badan ini semua angkatan bergabung, baik Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), dan Angkatan Udara (AU),” ujar Jaetul, saat menyambut jemaah.

Badan inilah yang mengoordinasi calon jemaah haji dari TNI hingga bisa tergabung dalam satu kloter. Namun, kata Jaetul, badan ini tidak hanya melayani anggota TNI tapi juga masyarakat umum.

“Sebagai bagian dari pembinaan kemasyarakatan, warga sipil dipersilakan bergabung di kloter ini,” sambung pria yang bertugas sebagai Kepala Bidang Perlindungan Jemaah (Kabid Linjam) PPIH Arab Saudi.

Menurutnya, ada sejumlah proses yang dilakukan Mabes TNI hingga dapat memberangkatkan jemaah dalam satu kloter. Pihak TNI melakukan sejumlah pertemuan dengan Badan Urusan Haji dan menyusun pramanifest yang diajukan ke Kementerian Agama (Kemenag).

“Dengan demikian, keluarga besar TNI bisa menyatu dalam satu kloter,” imbuhnya.

Jemaah Kloter JKG 45, Marsekal Pertama TNI AU Anang Nurhadi, mengaku bersyukur jemaah tiba di Tanah Suci dengan selamat. “Alhamdulillah, perjalanan dari Tanah Air lancar tanpa kendala dan sesuai jadwal. Sekarang kami persiapan miqat dari Jeddah dan melaksanakan umrah,” kata Wakil Asisten Operasi KSAU ini.

Setelah menunggu di plaza kurang lebih satu jam, jemaah Kloter JKG 45 pun berangkat menuju Makkah.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *