Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 25 February 2017

Kisah Unik Imam Sekolah Islam di Iklan Amazon  


Kisah Unik Imam Sekolah Islam di Iklan Amazon

islamindonesia.id – Kisah Unik Imam Sekolah Islam di Iklan Amazon

 

Seorang imam sekolah Islam yang pernah tampil di sebuah iklan terkenal Amazon, diminta bekerja sama dengan pemerintah untuk mempromosikan keharmonisan antara Islam dengan agama-agama lain.

Pada iklan Amazon tersebut, seorang pendeta membuka pintu rumahnya saat teman baiknya, seorang imam, datang bertamu. Dua pria tua tersebut bercakap-cakap, bercanda dan tertawa, serta minum teh bersama.

Keduanya terlihat meringis menahan ngilu saat mereka duduk dan berdiri. Setelah imam berpamitan pulang, mereka mengeluarkan HP mereka, menekan tombol aplikasi Amazon, dan membeli sesuatu.

Selanjutnya, terlihat mereka menerima kiriman barang di rumah masing-masing dan jelas terlihat mereka saling membelikan pelindung lutut. Mereka menggunakan pelindung lutut tersebut saat bersembahyang di tempat peribadatan mereka masing-masing.

Tobe Berkovitz, profesor bidang periklanan di Universitas Boston, seperti yang dikutip di USA Today, mengatakan, “Saya kira belum ada (iklan seperti ini). Ada banyak sosok agamais di televisi, khususnya pada acara situasi komedi dan prosedural polisi. Tetapi, belum ada iklan yang menggunakan sosok imam.”

Mungkin tak banyak yang tahu bahwa garis cerita yang sederhana tapi mengena itu ternyata telah melalui diskusi yang sangat panjang sebelum akhirnya dimunculkan ke publik. Tidak hanya itu, Amazon bahkan berkonsultasi dengan Gereja Inggris, Dewan Muslim Inggris Raya, dan Forum Islam Kristen.

Sementara dua pria yang menjadi aktor utama dalam iklan tersebut, sehari-harinya memang berprofesi sebagai imam dan pendeta. Mereka adalah Zubeir Hassam (Kepala Sekolah Islam di Leicestershire) dan Pendeta Gary Bradley.

“Kami tak ingin membuat kesalahan karena kami sadar bahwa tema besar iklan ini sebenarnya sangat sensitif,” kata direktur iklan Amazon, Simon Morris.

“Kami membahasnya secara mendalam dan butuh waktu berbulan-bulan untuk membuat konsep iklan ini … kami ingin pesan kami bisa ditangkap dengan baik dan pada saat yang sama ada penghormatan kepada agama,” ungkap Morris.

Ia menambahkan bahwa pesan utama iklan Amazon adalah ‘peduli dengan orang lain’.

Sejak pertama kali tayang, netizen di Inggris memuji iklan ini. Pengguna Twitter Faraz Ali mengatakan, “Sangat suka dengan iklan dari Amazon … iklan yang pas menggambarkan cinta, toleransi, perdamaian, dan persahabatan yang tak terhalangi oleh sekat-sekat agama.”

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *