Satu Islam Untuk Semua

Saturday, 03 October 2015

KISAH – Pemuda yang Hidup Kembali


image

Seorang pemuda di tengah Bani Israil telah terbunuh, namun pelakunya tidak diketahui. Allah SWT lantas mewahyukan pada Mabi Musa as. untuk menyembelih seekor sapi dengan ciri-ciri tertentu, dan memukulkan bagian tubuh sapi itu pada korban, agar bisa bicara dan memberitahukan siapa pembunuhnya.

Sebelum kejadian tersebut, ada seorang pemuda di kalangan Bani Israil yang mendapatkan ilham agar selalu membaca shalawat kepada Nabi Muhammad saw. Pemuda itu bermimpi bahwa dia diperintahkan untuk tidak menjual sapi yang dimilikinya kecuali dengan perintah ibunya. 

Tak lama keluarga korban yang terbunuh datang untuk membeli sapi itu. Ibu pemuda tersebut berujar, “Kalian harus membayarnya dengan emas yang banyak, baru aku akan jual.”

Mereka pun setuju untuk membeli sapi tersebut, dan menyembelihnya. Bagian tubuh sapi dipukulkan ke mayat pemuda yang terbunuh. Tak lama ia pun hidup kembali dan memberitahukan bahwa pembunuh dirinya adalah sepupunya sendiri. 

Bani Israil takjub, “Kami tidak mengetahui mana yang lebih aneh, kembali hidup pemuda ini atau menjadi kayanya keluarga ini.”
Setelah kejadian itu, Bani Israil mengeluh pada Nabi Musa. “Seluruh harta kami telah kami berikan pada pemuda ini untuk membeli sapinya, doakanlah agar Allah memberi kami rezeki yang banyak.” 

Nabi Musa berkata, “Kalian hendaknya banyak bershalawat.”

Mereka pun melaksanakan perintah tersebut. Allah lalu mengabulkan permintaan mereka dan mewahyukan kepada Musa: “Di sebuah tempat di antara  puing bangunan, ada terkubur ribuan dinar (uang emas). Bagikanlah di antara kalian.”

SB/Berbagai sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *