Satu Islam Untuk Semua

Friday, 03 April 2015

KISAH – Partikel Kebaikan & Keburukan


Dikisahkan dalam sebuah majlis, Rasulullah saw membacakan ayat Al-Quran: “Maka barangsiapa melakukan kebaikan seberat zarrah, dia akan melihat (balasan) nya, dan barangsiapa melakukan kejahatan seberat zarrah, dia akan melihat (balasan) nya.” (Al-Zalzalah:7-8)

Seorang Arab Badui yang mendengar ayat ini terkesima. Ia berkata, “Wahai Rasulullah, seberat zarrahpun Allah takkan melupakannya?”

Rasulullah menjawab, “Benar.”

Tiba-tiba Arab Badui itu menangis histeris mengingat hal-hal jelak yang pernah dilakukannya. “Sungguh celaka diriku!” teriaknya.

Melihat kejadian ini, Rasulullah berkata, “Orang badui ini termasuk orang yang hatinya telah mengetahui iman dan dididik dengan keimanan.”

Dalam bahasa arab, zarrah berarti partikel atau benda paling kecil. Allah swt lewat Rasul-Nya ingin mengingatkan manusia agar tidak meremehkan perbuatan baik atau buruk sekecil apapun. Semua terlihat dan tercatat.

Allah juga ingin menegaskan bahwa diri-Nya Maha Adil. Ia takkan melewatkan balasan atas hambanya yang melakukan kejelekan dan kebaikan sekecil apapun.

(Muhammad/Islam Indonesia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *