Satu Islam Untuk Semua

Friday, 25 April 2014

Kisah Haru Pemuda Muslim Lepaskan Sepatu Demi Penumpang Asing


Muslimvillage.com

Kasih dan sayang merupakan dasar dari semua agama.

 

Surjit Singh Virk telah mengemudi bus selama enam belas tahun dan telah melihat semuanya. Tapi apa yang ia saksikan di rute bus No 341 telah menyentuh jiwanya. Ia melihat suatu peristiwa yang belum pernah dialami sebelumnya, pada Sabtu lalu.

Ya, sebagaimana dilaporkan Toronto Sun, seorang pemuda duduk sendirian di bus dengan dua kantong plastik yang membungkus kakinya, bukan sepatu. Penumpang lain, setelah memperhatikan sepatunya, segera melepas sepatu dan kaus kaki yang tengah ia pakai. Tak lama kemudian ia segera memberikannya kepada orang asing itu. Lalu, ia melompat turun dari bus tanpa alas kaki.

“Itu membuat saya terharu,” ujar Virk menjelaskan kepada QMI Agency. “Dia hanya mengambil sepatu dan kaus kaki, lalu berkata, “Anda dapat mengambil ini, jangan khawatir tentang saya—saya tinggal di dekat sini dan bisa berjalan tanpa alas kaki.'”

Ketika dihubungi melalui telepon, pria baik hati ini meminta Badan QMI tidak mempublikasikan dirinya, karena menurutnya, Islam mengajarkan umatnya untuk beramal dan amalnya itu harus disembunyikan. Pemuda itu berusia 27 tahun dan merupakan penduduk Surrey, British Columbia di Kanada. Ia datang dari masjid Asosiasi Muslim terdekat.

Tindakan murah hati ini telah memunculkan respon yang luar biasa dalam jejaring sosial.

“Kita semua satu keluarga, jika ada anggota keluarga kami tanpa sepatu dan kami memiliki banyak, inilah yang akan kami lakukan. Sesekali kita perlu diingatkan untuk menyelamatkan kemanusiaan kita,” tulis akun Facebook bernama Baljit Sabharwal.

“Kasih dan sayang merupakan dasar dari semua agama. Saya tidak tahu ada iman yang tidak mengajarkan kemurahan hati. Bahkan, itu adalah dasar dari Islam – pilar iman,” tambah pengguna Facebook lain, Salim Jiwa.

“Setiap manusia mampu melakukan perbuatan baik. Tampaknya orang yang menyerahkan sepatu itu baru selesai berdoa di masjid dan melakukan perbuatan baik dalam perjalanan pulang.”

Peristiwa mengharukan seperti ini bukan kali pertama terjadi dan menjadi trending topik sosial media. Awal tahun ini, sebuah foto dari Isaac Theil, seorang pria Yahudi mengenakan baju tebal melepaskan bajunya dan diberikan kepada orang asing yang tengah tertidur lelap di kereta bawah tanah New York City. Foto itu kemudian tersebar ke puluhan website dan bahkan menjadi headline Huffington Post.

 

Sumber: Muslim Village.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *