Satu Islam Untuk Semua

Friday, 31 March 2017

KHAS – Penerjemah ‘Laskar Pelangi’ Asal Jepang: Selamat Milad ke-34 Mizan


photo_2017-03-31_10-20-41

islamindonesia.id – Penerjemah ‘Laskar Pelangi’ Asal Jepang: Selamat Milad ke-34 Mizan

 

Penerjemah novel fenomenal ‘Laskar Pelangi’ ke Bahasa Jepang, Hiroaki Kato, mengucapkan selamat hari ulang tahun yang ke-34 kepada Penerbit Mizan tadi malam, 30/1. Pria asal negeri Sakura yang juga musisi ini berharap Mizan konsisten memberi pencerahan pada masyarakat, khususnya lewat karya sastra anak Indonesia.

“Selamat Ulang Tahun Mizan,” katanya ketika mempersembahkan 4 lagu untuk Milad Mizan ke-34, di Gedung Serbaguna, Jakarta Pusat, 30/1.

Pria yang akrab disapa Hiro ini mengungkapkan kecintaannya pada sastra Indonesia. Hal ini bermula ketika ia membaca novel Bumi Manusia karya Pramoedya Ananta Toer.

Ia pun melancong ke Yogyakarta dan belajar Sastra Indonesia di Universtias Gadjah Mada. Di sana, bahasa Indonesia Hiro semakin terasah, demikian juga kecintaannya pada karya sastra tanah air khususnya karya monumental Andrea Hirata.

Novel yang diterbitkan Bentang Pustaka (Mizan Group) itu pun diterjemahkan oleh Hiro ke bahasa Jepang. Ternyata, kisah perjuangan 10 anak dari keluarga miskin di Belitung itu pun mendapat sambutan luar biasa di Jepang.

“Kalau di Jepang bisa terjual 1000 copy itu sudah hebat, Novel Laskar Pelangi bisa mencapai 6000 copy,” kata Hiro dengan bahasa Indonesia yang fasih disambut tepuk tangan oleh para hadirin.

Sejauh pantauan IslamIndonesia.id, sejumlah tokoh seperti Buya Syafi’i Ma’arif, Romo Benny, Komaruddin Hidayat, Lukman Hakim Saefuddin, Muhadjir Effendy, dan tentunya CEO Mizan Haedar Bagir, hadir dalam syukuran HUT Mizan malam itu. Buya Syafi’i turut memberikan orasi kebangsaan sebelum launching  buku “Islam dan Pancasila sebagai Dasar Negara” yang merupakan karya Mantan Ketua Umum Muhammadiyah itu.

“Kami memandang perlu penerbitan ulang buku Buya Syafi’i ini untuk mengingatkan kembali pentingnya Pancasila bagi bangsa Indonesia yang saat ini tampaknya sedang mengalami berbagai macam krisis termasuk krisis kebangsaan dan toleransi,” kata panitia pelaksana dalam siaran pers yang diterima IslamIndonesia.id

WhatsApp Image 2017-03-30 at 20.15.28

Selain itu juga akan diluncurkan buku terbaru karya Haidar Bagir selaku Direktur Utama Mizan Group yang berjudul Islam Tuhan, Islam Manusia: Agama dan Spiritualitas di Zaman Kacau. Buku ini juga menjadi penanda 60 tahun Haidar Bagir berkarya dan menghasilkan berbagai tulisan sejak masih di bangku kuliah hingga kini.

Seperti diketahui, sejak didirikan tahun 1983 dan digagas oleh beberapa mahasiswa yang saat itu belum lulus, Penerbit Mizan senantiasa berusaha untuk menyuguhkan konten-konten yang bermanfaat dan memberikan inspirasi. Dari hanya menerbitkan 30 judul buku di tahun pertamanya, kini Mizan meluncurkan tidak kurang dari 600 judul buku per tahun.[]

 

YS/ islam indonesia

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *