Satu Islam Untuk Semua

Friday, 18 December 2020

Khabib Nurmagomedov Terpilih sebagai World Sport Star Versi BBC Sports


islamindonesia.id – Khabib Nurmagomedov Terpilih sebagai World Sport Star Versi BBC Sports

Petarung Ultimate Fighting Championship (UFC) Khabib Nurmagomedov terpilih sebagai BBC Sports Personality’s World Sport Star (Bintang Olahraga Dunia versi Tokoh BBC Sports) tahun 2020.

Khabib (32) yang merupakan Muslim asal Rusia ini memperpanjang rekor profesionalnya yang sama sekali tidak terkalahkan menjadi 29 kali kemenangan setelah mengalahkan Interim Champ (juara sementara) Justin Gaethje (31) pada Oktober.

Juara ringan UFC itu bertanding mempertahankan gelarnya hanya beberapa bulan setelah ayah, pelatih, dan mentornya, Abdulmanap Nurmagomedov, wafat.

Khabib yang oleh sebagian khalayak dianggap sebagai petarung Seni Bela Diri Campuran (MMA) terhebat sepanjang masa itu, setelah kemenangannya yang emosional langsung menyatakan pengunduran dirinya. 

Khabib memiliki rekor 29 (menang)-0 (kalah) di dalam ajang MMA profesional, dan 13 di antaranya diperoleh melalui kemenangan beruntun di bawah bendera UFC.

Dia berhasil mempertahankan gelar juara dunia kelas ringannya dalam tiga kali kesempatan, dan berdasarkan dominasi totalnya dalam mengalahkan lawan, dia dipandang sebagai salah satu atlet paling dominan dalam sejarah MMA.

Memuncaki suara publik daring, Khabib mengalahkan para pesaingnya dalam pemilihan BBC Sports Personality’s World Sport Star. Mereka adalah Armand Duplantis, atlet lompat galah asal Swedia; LeBron James, atlet bola basket asal Amerika Serikat (AS); Dustin Johnson, pegolf asal AS; Wendie Renard, atlet sepakbola asal Prancis; dan Katie Taylor, petinju asal Irlandia.

Pemenang tahun lalu program BBC Sports ini adalah pelari maraton Eliud Kipchoge, yang telah memenangkan London Marathon untuk keempat kalinya dan menjadi orang pertama yang berlari maraton dalam waktu kurang dari dua jam pada Oktober 2019.

PH/IslamIndonesia/Sumber: BBC Sports

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *