Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 04 March 2014

KH. Mustofa Bisri Resmi sebagai Rais Am Syuriah PBNU


Kompas.com

KH Mustofa Bisri atau yang akrab disapa Gus Mus dikukuhkan sebagai Rais Am Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Senin (3/3/2014) untuk menggantikan almarhum KH Sahal Mahfudz yang wafat pada 25 Januari 2014.

Pengukuhan itu dilakukan dalam rapat gabungan selama lebih dari empat jam, antara Syuriah dan Tanfidziyah, di Gedung PBNU Jakarta yang dipimpin oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj.

“Semua yang hadir dalam rapat sepakat dan secara bulat menetapkan Gus Mus sebagai Rais Am PBNU, menggantikan Kiai Sahal Mahfudz, yang wafat beberapa waktu lalu,” ujar salah satu Ketua PBNU, Saifullah Yusuf, seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (04/03).

Rais Am merupakan jabatan tertinggi di organisasi tersebut. Sesuai AD/ART organisasi, Gus Mus akan menjabat sebagai Rais Am PBNU sampai akhir masa jabatan periode 2010-2015 atau hingga Muktamar NU digelar pada 2015.

“Dengan demikian, jabatan Wakil Rais Am Syuriah akan kosong. Jadi, dapat dikatakan, Gus Mus rangkap jabatan, yakni sebagai Rais Am dan juga wakilnya,” kata Saifullah.

Gus Mus berpesan dan mengingatkan bahwa NU merupakan organisasi dan pengikutnya yang beraliran ahlus sunnah wal jamaah.

“Di samping itu, Gus Mus juga mengatakan bahwa NU membutuhkan orang-orang yang ikhlas menjalankan amanah serta berbuat untuk umat dan masyarakat,” kata mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal tersebut.

Gus Mus juga menyerukan agar suasana politik masyarakat tetap tenang menjelang Pemilu 2014. Masyarakat pun diminta menggunakan hak pilih sesuai keyakinannya masing-masing dan memilih pemimpin yang bertanggungjawab serta mencintai rakyatnya.

 

Sumber: Kompas.com/Antara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *