Satu Islam Untuk Semua

Monday, 10 February 2014

KH Hasyim Muzadi: Ulama Harus Berperan di tengah Goncangan


foto:istimewa

Mantan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi menutup Sarasehan Nasional Ulama Pesantren dan Cendikiawan di Depok, Jawa Barat. Kegiatan yang digelar selama tiga hari tersebut sedikitnya dihadiri oleh sederetan tokoh besar yakni Mahfud MD, Jusuf Kalla, Djan Farid, Marzuki Alie, Ahmad Heryawan, dan Jimly Asshiddiqie.

Dihadapan  lebih dari 300 ulama, Hasyim mengajak  agar bersama-sama merenungkan selama 15 tahun masa reformasi, sisi mana yang belum tercapai dan sudah tercapai. Menjelang Pemilu 2014, kata dia, banyak hal yang menjurus kepada kecurangan dan manipulasi sehingga harus diatasi.

“Jika tidak maka akan terjadi konflik setelah pemilu, dan mengancam keselamatan rakyat,” ungkapnya dalam sambutannya di Depok, Minggu, seperti dilansir Antara.

Sementara itu, lanjut Hasyim, terkait gerakan pemberantasan korupsi yang terus dilakukan KPK tentu harus didukung masyarakat. Namun akan lebih efektif jika gerakan anti korupsi berubah menjadi gerakan nasional.

“Tak cukup diserahkan pada komisi, tetapi harus didukung gerakan nasional. Harus bertahap seperti negara lain yang berhasil. KPK jadi trigger atau pemicu awal. Dan negara ini perlu ulama, karena itu ulama agar tak tergerus keadaan, peran ulama penting di tengah kegoncangan keadaan,” tegasnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengatakan Islam mewarnai kehidupan sebagai sumber nilai. Umatnya pun harus paling canggih.

“Sumber daya alam banyak diberikan kepada kita, tetapi akan berarti lebih harus ada pengelola handal menguasai ilmu dan teknologi, saat ini banyak dinikmati dan dikuasai oleh negara orang. Kemiskinan menganga. Karena kurang menguasai teknologi, “papar Heryawan.

“Teori kebangsaan ada dalam Alquran dan sangat banyak, soal kesemestaan malah, lebih jelas dalam konteks kemanusiaan, jangan ada sekat-sekat politik, yang ada kepentingan kebangsaan dan kenegaraan,” tutup Aher.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *