Satu Islam Untuk Semua

Tuesday, 05 September 2017

Ketum PBNU: Pemerintah Minta Dukungan Sikapi Krisis Rohingya  


Ketum PBNU Pemerintah Minta Dukungan Sikapi Krisis Rohingya

islamindonesia.id – Ketum PBNU: Pemerintah Minta Dukungan Sikapi Krisis Rohingya

 

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj dipanggil Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (5/9/2017) siang.

Jokowi dan Said Aqil membahas sikap pemerintah dalam menyikapi tragedi kemanusiaan yang dialami etnis Rohingya di Rakhine State, Myanmar.

“Pertama, minta dukungan NU (mengenai) sikap pemerintah terhadap tragedi kemanusiaan di Rohingya,” kata Said usai pertemuan tersebut.

Said mengatakan, organisasi Aliansi Kemanusiaan Indonesia untuk Myanmar (AKIM) yang berada di bawah naungan NU telah memimpin 12 ormas untuk menyikapi masalah tersebut.

Menurut dia, misi yang dilakukan NU sama dengan misi pemerintah yang diwakili Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Said mengungkapkan, saat ini NU menunggu hasil pertemuan Menlu Retno dengan beberapa pihak yang dianggap mempunyai kepentingan menyelamatkan etnis Rohingya.

“Menlu juga sedang ke Bangladesh agar perbatasan Bangladesh dibuka lebar-lebar untuk para pengungsi. Coba dahulu, kalau sampai tidak didengar misi yang dibawa Bu Retno ini, barangkali Dubes Myanmar bisa dipanggil. Sampai situ dulu enggak sampai jauh,” tuturnya.

 

EH / Islam Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *